Menhub Bocorkan Waktu Pengoperasian LRT Kelapa Gading-Velodrome Menhub Budi Karya Sumadi melakukan pengecekan langsung mengenai pengoperasian pertama Terminal 3 baru Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Selasa (9/8). (Foto MerahPutih/Rizky Fitrianto)

Merahputih.com - Light Rail Transit (LRT) Jakarta dengan rute Kelapa Gading-Velodrome ditargetkan beroperasi pada Maret 2019. Mengingat saat ini penyelesaiannya sudah mencapai 99,4 persen.

"Akhir Maret selesai dan dioperasikan, tinggal menyelesaikan bagian signal dan depo. Tidak ada kendala lain," kata kata Menteri Budi Karya Sumadi, Minggu (24/2).

Terkait penyelesaian hal-hal yang belum selesai, Kemenhub sudah berkoordinasi dengan pihak kontraktor PT Jakpro. Nantinya, akan segera dilakukan sertifikasi guna memastikan keselamatan dan keamanan pengoperasian LRT ini nantinya.

LRT Jakarta. Foto: Net

Tim dari Kementerian Perhubungan sudah berkoordinasi dengan pengembang proyek itu yang dikatakan selesainya kira-kira pertengahan Maret dan setelah itu disertifikasi sekitar 1-2 minggu selesai.

Terkait tarif LRT Kelapa Gading-Velodrome yang akan ditetapkan, Menhub sebagaimana dikutip Antara, menyebut nantinya akan ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Banyak manfaat yang akan diperoleh dengan beroperasinya LRT Jakarta ini. Diantaranya yaitu menjadi solusi mengurangi kemacetan di Jakarta, sebagai modal moda pilihan selain kendaraan pribadi, meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat, dan menjadi moda transportasi yang ramah lingkungan.

"Terlebih lagi LRT ini nantinya juga akan terintegrasi dengan moda transportasi Transjakarta," kata Menhub. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH