Menhub: Besok Sudah Tidak Ada Lagi Penerbangan ke Arab Saudi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (ANTARA/Ade Irma Junida)

MerahPutih.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan penundaan penerbangan ke Arab Saudi. Hal ini karena pemerintah Arab Saudi menghentikan sementara semua penerbangan dari luar negeri, termasuk Indonesia.

Kebijakan terkait penyebaran virus corona itu juga berimbas kepada jemaah umrah yang tidak bisa berangkat.

Baca Juga:

Pemerintah Pahami Keputusan Arab Saudi Terkait Penghentian Sementara Ibadah Umrah

"Jadi jelas penerbangan tidak akan dilakukan lagi ke Saudi kecuali yang sudah terlanjur hari ini," kata dia kepada wartawan di kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (27/2).

Menurutnya, pihak Arab Saudi sudah memperhitungkan dampak kebijakan yang diambil.

"Jadi saya jelaskan bahwa kalaupun ada suatu keputusan. Ini kan yang memutuskan bukan kita tetapi Arab Saudi dan itu sudah memperhitungkan hal-hal yang diambil risikonya. Oleh karenanya kita memahami dulu," tambahnya.

Jamaah mengelilingi Kakbah saat menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. (ANTARA/Hanni Sofia)
Jamaah mengelilingi Kakbah saat menunaikan ibadah umrah di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. (ANTARA/Hanni Sofia)

Budi menjelaskan, mulai besok dapat dipastikan tidak ada lagi penerbangan dari Indonesia menuju Arab Saudi.

"Jadi untuk besok itu sudah tidak ada lagi penerbangan ke Arab Saudi," sebutnya.

Dia menegaskan, sebenarnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah menyampaikan sejumlah pesan kepada operator bandara dan maskapai.

Baca Juga:

Saudi Hentikan Umrah karena Corona, Menag: Kesehatan Jemaah Kita Hal Utama

Ia meminta agar PT Angkasa Pura (AP) II dan maskapai memberikan informasi kepada penumpang bahwa penerbangan dibatalkan.

"Agar jemaah tidak berjalan ke bandara. Tapi jemaah kan terlanjur jalan sehingga mereka ada di sana, saya akan ke sana untuk bertemu mereka," urainya.

Sebelumnya, kebijakan pemerintah Arab Saudi yang menghentikan tiba-tiba pintu masuk bagi jemaah umroh di seluruh dunia berdampak bagi calon peserta umrah.

Di Indonesia misalnya, Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis siang (27/2) dipenuhi para calon peserta umrah yang tak jadi terbang.

Ketua Umum Sarikat Penyelenggara Umroh dan Haji (SAPUHI) Syam Resfiadi mengatakan, jemaah umrah Indonesia mulai pukul 12.00 WIB sudah tidak bisa terbang ke Arab Saudi. Mereka tertahan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. (Knu)

Baca Juga:

Saudi Tutup Layanan Umrah, Jokowi Malah Bayar Influencer Biar Wisman Datang


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH