Menhub Beberkan Kronologi Hilangnya Pesawat Sriwijaya Air

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 09 Januari 2021
Menhub Beberkan Kronologi Hilangnya Pesawat Sriwijaya Air
Petugas menunjukkan kabel dan serpihan yang diduga milik pesawat di Pulau Laki Kepulauan Seribu, Sabtu (9/1/2021). (ANTARA/HO/Istimewa)

MerahPutih.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membeberkan kronologi hilang kontaknya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 rute Jakarta- Pontianak.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada pukul 14.36 WIB.

Baca Juga:

PMI Jabodetabek Siagakan Personel Bantu Evakuasi

"Pukul 14.37 WIB diizinkan naik ke ketinggian 29 ribu kaki dengan mengikuti standar instrumen departure," kata Budi Karya dalam jumpa pers secara daring, Sabtu (9/1).

Data Rute Terbang Sriwijaya Air. (Foto: Flightradar)
Data Rute Terbang Sriwijaya Air. (Foto: Tangkapan Layar Flightradar)

Namun, pada pukul 14.40 WIB, ATC tidak melihat pesawat tersebut menuju koordinat yang semestinya. Karena itu, ATC meminta pilot untuk melaporkan arah.

"Tidak lama kemudian dalam hitungan detik, target SJY 182 hilang dari radar. Manager operasi langsung berkoordinasi dengan Basarnas dan instansi terkait," ujarnya.

Baca Juga:

Cari Serpihan Pesawat Sriwijaya Air, Syahbandar Tanjung Priok Kirim Notice To Mariner

Budi Karya melanjutkan, pada pukul 17.30 WIB, Presiden Jokowi memberikan perintah untuk memaksimalkan pencarian tersebut.

"Sudah dikerahkan Basarnas, 4 kapal 3 kapal karet, dari TNI AL KRI Brau, KRI Ada empat kapal di mana kapal tersebut sebagian sudah di TKP," kata Budi Karya. (Pon)

#Sriwijaya Air #Pesawat Jatuh #Pesawat Hilang
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan