Menhan Ryamizard: Waspadai Kebangkitan PKI Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menjelaskan pentingnnya penerapan program bela negara sebagai salah satu cara untuk menghindarkan diri dari tindakan terorisme dan radikalisme. (ANTARA FOTO/Aprill

MerahPutih.com - Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu mengingatkan agar seluruh komponen bangsa mewaspadai kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia.

"PKI terbukti telah tiga kali melakukan pemberontakan di Indonesia. Ini harus dicegah dan patut diwaspadai," kata Menhan Ryamizard dalam kunjungan kerjanya ke Palembang, Sumatera Selatan, Senin (21/1)

Menhan Ryamizard Ryacudu (kiri) didampingi Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Publik Kementerian Pertahanan Kolonel Arm Totok Sugiharto (kanan) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

"Kalau lama-lama dibiarkan, ya bisa menarik simpati. Itu masyarakat bisa dihasut. Nah, kalau memang mereka menghasut, ketok saja kepalanya. Bagi saya tidak ada urusan orang radikal, penjahat, ya ketok (tumpas) saja," tegas mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini.

Purnawirawan jenderal bintang empat ini, menegaskan, siapapun yang terbukti terlibat atau menyebarkan paham tersebut, maka harus dihukum sesuai aturan yang berlaku.

"Karena itu (PKI) bahaya laten. Kita bukan tidak suka komunisme, kalau di Rusia dan China, ya silakan. Bukan komunisnya yang kita persoalkan tetapi pemberontakannya," ujar Ryamizard seperti dilansir Antara.

Partai Komunis Indonesia (PKI)

Paham komunis tidak lah cocok di Indonesia karena tidak sesuai dengan ideologi negara, yakni Pancasila. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH