Menhan Ryamizard Klaim Cyber Army Indonesia Terbaik di Asia Tenggara Menhan Ryamizard Ryacudu (kiri) didampingi Kepala Pusat Komunikasi (Kapuskom) Publik Kementerian Pertahanan Kolonel Arm Totok Sugiharto (kanan) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

MerahPutih.Com - Sejumlah negara maju telah mengembangkan pasukan tempur digital yang bernaung dibawah komando 'cyber army'. Indonesia sebetulnya sudah lama membentuk cyber army. Bahkan sejak zaman Menteri Pertahanan dijabat Purnomo Yusgiantoro.

Keberadaan cyber army ini ditandai dengan direkrutnya sejumlah hacker di Tanah Air untuk membantu pertahanan nasional di bidang siber.

Bagaimana perkembangan cyber army Indonesia sampai saat ini?

Dalam rapat pimpinan Kementerian Pertahanan di Jakarta, Rabu (16/1) Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memaparkan perkembangan yang menggembirakan terkait cyber army Indonesia.

Menurut Menhan Ryamizard, cyber army Indonesia saat ini tercatat sebagai yang terbaik di Asia Tenggara.

"Cyber kita terbaik di Asia Tenggara loh," jelas Ryamizard kepada awak media di Jakarta.

Menhan Ryamizard Ryacudu
Menhan Ryamizard Ryacudu (ANTARA FOTO: Aprilio Akbar)

Dalam waktu dekat ini, cyber army Indonesia dikerahkan untuk mengamankan Pemilu dan Pilpres 2019. Tugas utama cyber army yakni menjaga data KPU dan Pemilu dari serangan hacker.

"Untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019, pasukan "cyber army" Indonesia siap untuk mengamankan, "lanjut mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini.

Lebih lanjut terkait Pilpres 2019, Ryamizard Ryacudu ternyata sudah menentukan pilhannya. Ia mengaku memilih pasangan nomor 01 Jokowi-Ma'ruf. Meski demikian, purnawirawan jenderal bintang empat ini mengharapkan agar masyarakat tidak saling menjelekan pilihan politik yang lain.

"Oleh karena itu pilih yang benar, kalau memilih kan tidak perlu mengeluarkan kata-kata tak pantas, kalau saya sebagai pembantu presiden saya akan pilih Pak Jokowi, kalau saya tak pilih beliau maka saya mengkhianati beliau, pengkhianat itu hukumannya hanya satu, tembak mati," kata Ryamizard sebagaimana dilansir Antara.

Sebagai purnawirawan TNI, Menhan Ryamizard Ryacudu berpesan untuk tetap rukun dan akur dalam Pemilu tahun ini.

"Meski berbeda pilihan, saya ingin purnawirawan bersatu juga, kita bersatu yang aktif dan yang purnawirawan kita lihat, yang sudah senior tunjukkan kita menjadi contoh pada generasi setelah itu," kata Ryamizard Ryacudu.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Pengamat Sebut Pidato Prabowo yang Hiperbolik Strategi Dongkrak Suara



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH