Menhan Prabowo Tekankan Hubungan Baik RI-Malaysia untuk Perdamaian Kawasan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 09 Agustus 2022
Menhan Prabowo Tekankan Hubungan Baik RI-Malaysia untuk Perdamaian Kawasan
Menhan Prabowo Subianto saat menghadiri Sidang ke-42 General Border Committee (GBC) Malindo, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (9/8/2022) (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto)

MerahPutih.com - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menhan Malaysia Dato' Seri Hishammuddin bin Hussein dalam rangka Sidang Ke-42 General Border Committee (GBC) Malindo, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (9/8).

Saat memberikan sambutan selepas pertemuan, Prabowo Subianto menekankan bahwa Indonesia dan Malaysia harus selalu kompak dan maju bersama untuk perdamaian dunia.

Menurut dia, dengan kerja sama yang baik antarnegara saling bertetangga ini akan menjadi modal berharga dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan lebih luas.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Sabah dan Sarawak Pisah dari Malaysia, Gabung ke Indonesia

"Dengan soliditas antara Indonesia dan Malaysia, kita bisa survive di dalam geopolitik yang penuh ketidakpastian," kata Prabowo.

Dalam kesempatan itu, mantan Danjen Kopassus ini menjelaskan bahwa Malindo bukan sekadar pertemuan rutin, melainkan sebuah program strategis.

Malindo lahir karena kesadaran pemimpin Malaysia dan Indonesia di mana kedua negara harus saling berpegangan erat.

"Kedua bangsa kita pernah dijajah cukup lama oleh bangsa asing. Kita di Nusantara yang sekarang Indonesia, yang dulunya terdiri atas banyak kerajaan. Malaysia pun demikian, mengalami penjajahan cukup lama. Mereka menjajah kita karena kita kaya, untuk mengambil kekayaan kita," ucapnya.

Baca Juga:

Koarmada I Gagalkan Pengiriman Pekerja Migran Ilegal ke Malaysia

Prabowo menekankan bahwa Indonesia dan Malaysia harus saling memperkokoh hubungan dan kerja sama yang baik antarnegara bertetangga dan serumpun untuk menjaga stabilitas di kawasan.

"Saya menganjurkan segala usaha untuk lebih mempererat hubungan dengan Malaysia. Saya akan berjuang untuk memperkokoh hubungan kita. Indonesia and Malaysia has a special relationship,” kata Prabowo.

Prabowo mengungkapkan rasa syukur bahwa Indonesia dan Malaysia telah memiliki Malindo selama 50 tahun ini.

"Saya merasa sangat terhormat dan besar hati bisa hadir dan memperingati 50 Tahun Malindo bersama saudara saya, Dato Seri Hishammuddin bin Hussein. Kita adalah pelaku sejarah. Mari kita bekerja untuk kerja sama yang lebih kuat lagi," ujarnya. (*)

Baca Juga:

Pengiriman PMI ke Malaysia Dihentikan Sementara

#Malaysia #Prabowo Subianto
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan