Menhan Ingatkan Ancaman Gerogoti Ideologi Pancasila

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 04 Agustus 2017
Menhan Ingatkan Ancaman Gerogoti Ideologi Pancasila
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

MerahPutih.com - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengingatkan kaum muda mengenai ancaman yang sangat nyata yaitu merebaknya narkoba serta ancaman terhadap ideologi negara Pancasila yang dapat mengancam keutuhan dan ketahanan nasional bangsa.

Ancaman dan tantangan tersebut, kata Ryamizard, berupa serangan ideologis yang berupaya untuk merusak mindset dan jati diri bangsa Indonesia melalui pengaruh kehidupan ideologi asing yang beraliran materialisme.

Menurut dia, ideologi berbasis materialisme yang diidentifikasi berpotensi mengancam keutuhan ideologi Pancasila di sini adalah ideologi liberalisme, komunisme, sosialisme, dan radikalime agama.

Ia mengingatkan kembali kepada para mahasiswa bahwa strategi yang paling efektif didalam menghadapi pengaruh ideologi bermuatan materialis ini adalah dengan mengedepankan aktualisasi dan pemurnian implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai basis kekuatan Ideologi bangsa dan Negara melalui program kesadaran bela negara.

"Ideologi Pancasila ini merupakan satu-satunya ideologi dunia yang berbasiskan Filsafat Idealisme," kata Ryamizard di Depok, Jumat (4/8).

Dikatakannya konsep Permesta ini lebih mengedepankan penguatan jiwa dan identitas bangsa sebagai kekuatan utama melalui penanaman nilai-nilai dan semangat kesadaran bela negara.

Kesadaran bela negara ini merupakan metoda yang telah terbukti sangat ampuh dan handal guna menangkal seluruh bentuk ancaman terhadap keutuhan dan integritas bangsa dan negara Indonesia. (*)

Sumber: ANTARA

#Menteri Pertahanan #Ryamizard Ryacudu
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan