Parenting

Mengurus Anak Sendiri Sangat Menyenangkan

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 18 Juli 2019
Mengurus Anak Sendiri Sangat Menyenangkan
Keuntungan Mengurus Anak Sendiri Tanpa Bantuan Pengasuh (Foto: Pixabay/5540867)

BEKERJA memang membuat tubuh letih. Biasanya agar tenaga tidak terkuras habis tak jarang jasa pengasuh dijadikan solusi untuk mengurus anak-anak. Tetapi hal tersebut malah membuat hubungan antara anak dan orangtua menjadi renggang.

Menikah dan memiliki keturunan memang membutuhkan konsistensi dan tanggung jawab besar sehingga sebelum kamu memiliki anak ada banyak hal yang perlu disiapkan. Menggunakan jasa pengasuh memang sangat memudahkan kegiatan orangtua. Tapi alangkah baiknya jika kamu mau mengurus anak-anakmu sendiri karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan. Banyak manfaat yang didapatkan dari itu, ini menurut verywellfamily.


1. Menumbuhkan Rasa Percaya

keluarga
Orangtua memiliki kepercayaan yang tinggi pada anak. (Foto: Pexels/Negative Space)

Jika anak diurus oleh pengasuh, secara langsung pengasuh lah yang akan mendapatkan rasa percaya dari si anak. Kamu sebagai orangtua bisa jadi akan dianggap sebagai orang asing. Dengan kamu mengurus anak, dia akan memberikan rasa percaya tersebut sepenuhnya pada orangtua. Orangtua juga lebih mudah memantau perkembangan anak serta aktivitas sosialnya di luar rumah. Ini karena anak memiliki teman curhat yang bisa dipercaya yaitu orangtuanya sendiri.


2. Kekeluargaan Semakin Erat

keluarga
Kekeluargaan semakin erat. (Foto: Pixabay/Badski007)

Semakin sering kamu meluangkan waktu untuk anak. Maka hubungan kekeluargaan akan semakin erat. Anak akan semakin terbiasa melakukan banyak hal dengan orangtuanya. Selalu meluangkan waktu untuk anak juga bisa menjadi pengusir stres bagi orangtua yang pusing dengan urusan kerja. Melihat tingkah polahnya yang lucu seiring perkembangannya membuat hati bahagia.

3. Menguatkan Mental Anak

keluarga
Hubungan erat anak-orangtua akan membuatnya lebih kuat. (Foto: Pexels/Josh Willink)

Jika orangtua terus berada di sampingnya dalam kondisi apapun, hal ini dapat menguatkan mentalnya sejak kecil. Anak akan berani mengambil risiko dan tantangan demi menambah pengalaman. Keberadaan orangtua membuatnya tidak takut gagal sebab anak tahu jika dirinya gagal mencapai targetnya, ketika pulang ke rumah akan menemukan orang yang selalu ada untuk memberikan dukungan.


4. Hemat Biaya

keluarga
Pengeluaran jadi lebih hemat tanpa bantuan pengasuh. (Foto: Pixabay/Nattanan23)

Mengurus anak sendiri tanpa bantuan pengasuh juga memungkinkanmu untuk menghemat pengeluaran. Membayar pengasuh itu merogoh kocek yang cukup dalam. Dengan mengurus sendiri, tabungan bisa digunakan untuk kebutuhan anak atau sekadar jalan-jalan demi mempererat hubungan antar anak dan orangtua. (mar)

#Keluarga
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan