Kesehatan
Mengupil dapat Menyebabkan Alzheimer, Benarkah? Penelitian di Australia menunjukkan mungkin ada hubungan antara mengupil dan berkembangnya penyakit Alzheimer. (freepik/cookiestudio)

KOREK hidung untuk mengeluarkan upil atau yang sering kita sebut mengupil mungkin lebih dari sekadar kecerobohan sosial. Ternyata dari sisi kesehatan, sebenarnya, adanya upil di dalam hidung menandakan bahwa sistem kerja organ hidung kamu masih berfungsi dengan baik.

Namun, melansir pemberitaan Foxnews yang menyatakan hasil penelitian di Australia menunjukkan mungkin ada hubungan antara mengupil dan berkembangnya penyakit Alzheimer. Studi yang berjudul Chlamydia pneumoniae dapat menginfeksi sistem saraf pusat melalui saraf penciuman dan trigeminal dan berkontribusi terhadap risiko penyakit Alzheimer, diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports ini meneliti kemampuan bakteri untuk melakukan perjalanan ke hidung dan ke otak pada seekor tikus.

Baca Juga:

Waspada Lima Penyakit Penyerta di Musim Hujan

ngupil
Dalam jurnal Scientific Reports ini meneliti kemampuan bakteri untuk melakukan perjalanan ke hidung dan ke otak pada seekor tikus. (freepik/wirestock)

Menurut penelitian tersebut, Chlamydia pneumoniae adalah patogen saluran pernapasan tetapi juga dapat menginfeksi sistem saraf pusat (SSP). Hasilnya bahwa ada hubungan yang semakin jelas antara infeksi C. pneumoniae di sistem saraf pusat dan perkembangannya dari demensia onset lambat. Bakteri melakukan perjalanan antara hidung dan otak pada tikus.

Dr. James St John, salah satu penulis studi tersebut, terlampir pada siaran pers (28/10) menjelaskan Chlamydia pneumoniae dapat langsung naik ke hidung dan ke otak dan dapat memicu patologi yang terlihat seperti penyakit Alzheimer. Ini terjadi pada model tikus dan buktinya berpotensi menakutkan bagi manusia juga.

"Pada tikus, infeksi SSP telah terbukti terjadi berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah inokulasi intranasal," jelas kepala Clem Jones Center for Neurobiology and Stem Cell Research di Griffith University South East Queensland, Australia ini.

Hidung dan saraf wajah tikus bersama dengan olfactory bulb dan otak, terinfeksi dalam waktu tiga hari setelah terpapar bakteri tersebut. Infeksi C. pneumoniae juga mengakibatkan disregulasi jalur kunci yang terlibat dalam patogenesis penyakit Alzheimer pada 7 dan 28 hari setelah inokulasi. Ketika hidung tikus terluka dan terinfeksi C. pneumoniae, terjadi peningkatan infeksi saraf perifer dan olfactory bulb.

Baca Juga:

5 Penyakit Penyebab Kerontokan Rambut

ngupil
Kamu harus menahan diri dari mengupil atau mencabut bulu hidung karena itu dapat merusak bagian dalam hidung, meningkatkan risiko segala jenis infeksi. (freepik/cookiestudio)

Langkah selanjutnya adalah mereplikasi penelitian dengan pasien manusia untuk menentukan apakah hidung manusia adalah jalan yang sama untuk infeksi bakteri, perlu melakukan penelitian ini pada manusia dan mengkonfirmasi apakah jalur yang sama beroperasi dengan cara yang sama.

Menurut Centers for Disease Control (CDC) Alzheimer adalah penyebab kematian kelima di Amerika Serikat untuk orang dewasa di atas usia 65 dan penyebab kematian ketujuh untuk orang dewasa secara keseluruhan. Sekitar 6,5 juta orang di Amerika Serikat hidup dengan penyakit Alzheimer, menjadikannya bentuk paling umum dari demensia pada orang dewasa yang lebih tua. Penyakit Alzheimer tidak memiliki penyebab yang diketahui.

Berdasar penelitian tersebut St John menyarankan orang untuk menahan diri dari mengupil atau mencabut bulu hidung mereka, karena itu dapat merusak bagian dalam hidung, meningkatkan risiko segala jenis infeksi. Jangan sampai kamu merusak lapisan hidung, karena dapat meningkatkan jumlah bakteri yang bisa naik ke otak. (DGS)

Baca Juga:

Studi Ungkap Manfaat Gim pada Otak Anak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
BLACKPINK Rancang Item di Game 'MapleStory'
ShowBiz
BLACKPINK Rancang Item di Game 'MapleStory'

Kolaborasi ini mencakup kosmetik baru dalam game dan serial video yang mengikuti grup saat mereka mengusulkan pakaian baru untuk game tersebut.

 Menjaga Kulit Tetap Cantik Selama Libur Lebaran
Fun
Menjaga Kulit Tetap Cantik Selama Libur Lebaran

Kenali beberapa tips agar kulit tetap cantik selama libur Lebaran

200 Pasang Sneakers Virgil Abloh Terjual Rp358 Miliar
Fashion
200 Pasang Sneakers Virgil Abloh Terjual Rp358 Miliar

Sneakers Louis Vuitton dan Nike Air Force 1 di desain oleh mendiang Virgil Abloh.

5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2022, ASUS ROG Masih Nomor Satu
Fun
5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik 2022, ASUS ROG Masih Nomor Satu

Laptop gaming selalu mengalami pengembangan dan pembaruan setiap tahun, berikut adalah laptop gaming terbaik 2022.

Beda Warna Dahak, Lain Pula Penyakitnya
Hiburan & Gaya Hidup
Beda Warna Dahak, Lain Pula Penyakitnya

Dahak yang dikeluarkan saat batuk memiliki warna yang berbeda-beda.

Superman Is Dead Umumkan Independen Tahun Ini
ShowBiz
Superman Is Dead Umumkan Independen Tahun Ini

Superman Is Dead akan membuat manajemen sendiri.

Cocok, Pasangan Zodiak ini Punya Pernikahan Langgeng
Fun
Cocok, Pasangan Zodiak ini Punya Pernikahan Langgeng

Zodiak dapat membantumu dalam menemukan jawaban mengenai apakah kamu dan pasanganmu cocok.

AI Buatan Sony Kalahkan Pemain Terbaik 'Gran Turismo'
Fun
AI Buatan Sony Kalahkan Pemain Terbaik 'Gran Turismo'

AI bernama Gran Turismo Sophy berhasil kalahkan pembalap terbaik.

5 Game Ponsel Asyik Tak Perlu Kuota
Fun
5 Game Ponsel Asyik Tak Perlu Kuota

Gim asyik tak mesti selalu butuh kuota.