Kesehatan
Mengungkap Mitos Makan Kelapa Bikin Kremian Mengungkap mitos makan kelapa bisa bikin kremian. (Foto: pixabay/blackstarvideo)

BANYAK anggapan beredar di Indonesia kremian terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi kelapa. Hingga tak sedikit orang-orang mengingatkan 'Jangan makan terlalu banyak kelapa, nanti kamu keremian'.

Kremian merupakan istilah yang merujuk pada infeksi cacing kremi. Penyakit tersebut dapat terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Hal tersebut diakibatkan oleh pola hidup yang kurang bersih.

Baca Juga:

Shampoo Alami Dari Minyak Kelapa Miliki Manfaat Mengejutkan

Lantas apa benar kelapa dalang di balik kremian? Menurut penjelasan dr. Irna dari Alodokter, pada dasarnya konsumsi buah kelapa atau olahan dari buah kelapa tidak akan menyebabkan munculnya cacing pada anus.

"Seseorang dapat mengalami infeksi cacing kremi bila dia memakan makanan tertentu yang terkontaminasi telur cacing, atau secara tidak sengaja menelan telur cacing ini, seperti menyentuh benda tertentu yang terkontaminasi telur cacing, kemudian memasukkan tangan ke dalam mulut," jelas dr. Irna.

Dokter Irna menambahkan gatal pada anus yang disebabkan oleh infeksi cacing kremi, biasanya terjadi pada malam hari. Selain itu, gatal bisa terjadi pada sekitar area kemaluan.

Mengonsumsi buah kepala menurut dokter tidak menyebabkan munculnya cacing pada anus/cacing kremi. (Foto: pixabay/labensmittelfotos)

Gejala yang menunjukan seseorang menderita kremian ialah iritasi dan luka di sekitar anus, badan lesu, nyeri perut, mual, dan menurunnya nafsu makan. Apabila gatal pada anus terjadi ketika kamu makan kelapa, dr. Irna menjelaskan kemungkinan itu karena alergi.

Baca Juga:

Air Kelapa, Pertolongan Pertama untuk Diare saat Berlibur

Alergi kelapa memang jarang terjadi. Tapi bila memang benar gatal hanya terjadi bila kamu mengonsumsi kelapa atau olahan kepala, sebaiknya berhenti mengonsumsinya.

Telur cacing kremi bisa masuk melalui mulut, dan terhirup melalui hidung. Penyebabnya karena kebiasaan tidak mencuci tangan, kebiasaan menghisap jari, tidak menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, tinggal di lingkungan yang kumuh, dan tinggal di tempat dengan fasilitas berbagi.

Kebiasan tidak mencuci tangan sebelum makan merupakan salah satu penyebab kremian. (Foto: pixabay/mojpe)

Telur cacing kremi dapat menetas pada saluran pencernaan. Cacing akan tumbuh dewasa pada saluran pencernaan, kemudian berkembang biak dengan cara bertelur. Cacing kremi yang bertelur, akan keluar melalui anus di malam hari untuk meletakkan telur-telurnya di lipatan kulit sekitar anus.

Telur cacing pada kulit menyebabkan gatal hingga iritasi. Bila kamu menggaruknya, telur tersebut akan berpindah ke jari. Lalu, saat jari yang terkontaminasi menyentuh orang atau suatu benda, telur cacing akan kembali berpindah.

Jaga pola hidup sehat dengan rajin mencuci tangan bisa mencegah kremian. (Foto: pixabay/mylene2401)

Penyebaran cacing kremi akan meluas bila tak dicegah atau diobati. Obat untuk mengatasi cacing kremi yakni Pyrantel pamoate, Mebendazole dan Albendazole. Sebaiknya diskusikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Segera menjalani pola hidup bersih untuk mencegah kremian. Seperti mengganti pakaian dalam dan seprai setiap hari, hindari kebiasaan menghisap jari, serta cuci pakaian dan perlengkapan dengan air panas. Untuk pakaian, segera menjemurnya setelah dicuci.

Jangan lupa juga untuk membersihkan anus setiap pagi. Jika anus gatal, jangan menggaruknya. Hindari pula berbagi pakaian atau barang pribadi dengan orang lain. Yang terpenting, biasakan mencuci tangan menggunakan sabun. (ryn)

Baca Juga:

Kondisioner Rambut Alami dengan Santan Kelapa dan Madu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Member BTS Ungkap Cara Mereka Membagi Vokal Tanpa Drama
ShowBiz
Member BTS Ungkap Cara Mereka Membagi Vokal Tanpa Drama

Tanpa drama, BTS selalu bisa menjadi yang terbaik dan profesional.

Barista Starter Pack, Bikin Cewek-Cewek Betah Pelesiran ke Coffee Shop
Fun
Barista Starter Pack, Bikin Cewek-Cewek Betah Pelesiran ke Coffee Shop

Barista identik dengan rambut klimis atau gondrong penuh kharisma.

Turunkan Suhu Perdebatan yang Memanas dengan Cara Ini
Hiburan & Gaya Hidup
Turunkan Suhu Perdebatan yang Memanas dengan Cara Ini

Konflik adalah aspek dari setiap hubungan dan organisasi yang sehat.

Dampak Negatif Penggunaan Ponsel Berlebih
Fun
Dampak Negatif Penggunaan Ponsel Berlebih

Berikut ini dampak negatif yang timbul jika terlalu sering terpapar radiasi ponsel.

The Iron Anniversary, Perayaan 10 Tahun 'Game of Thrones'
ShowBiz
The Iron Anniversary, Perayaan 10 Tahun 'Game of Thrones'

HBO mendedikasikan satu bulan penuh untuk mengadakan berbagai acara yang dijamin membuat fan girang alang kepalang.

iOS 14 Mampu Tangkap Mata-Mata
Fun
iOS 14 Mampu Tangkap Mata-Mata

iOS 14 sudah tersedia bagi pengguna iPhone 6S keatas

Starterpack Sunmori di Negeri Aing
Fun
Starterpack Sunmori di Negeri Aing

Sunmori harus tampil gaya juga.

Menyelami Kapsul Sejarah Pegerakan Indonesia lewat 'Indonesia Bergerak: 1900-1942'
Hiburan & Gaya Hidup
Menyelami Kapsul Sejarah Pegerakan Indonesia lewat 'Indonesia Bergerak: 1900-1942'

Sebanyak 140 karya berupa foto, lukisan, sketsa, komik, karikatur, poster, sampul atau isi majalah, arsip surat, buku, dan surat kabar dari masa pergerakan Indoensia (1900-1942) dirangkum dalam Pameran Foto & Grafis Sejarah Indonesia Bergerak 1900-1942 (REVAMPED) .

Apple Gelar Acara 20 April, Rilis Apa?
Fun
Apple Gelar Acara 20 April, Rilis Apa?

Acara itu bertajuk Spring Loaded.