Mengungkap Jenis-Jenis Sakit Kepala dan Penyebabnya Sakit kepala (Foto: Pixabay/geralt)

BAIK itu berdenyut tiba-tiba atau sakit terus-menerus, sakit kepala bisa sangat menyiksa dan tak bis amembuatmu beraktivitas secara normal. Sakit kepala adalah salah satu gangguan paling umum yang mempengaruhi sistem saraf, di mana penelitian menunjukkan bahwa hampir setengah dari populasi orang dewasa di dunia mengalaminya.

Jenis sakit kepala bervariasi. Paling umum seperti migrain, sakit kepala tegang dan sakit kepala sinus. Penyebabnya pun bermacam-macam. Bahkan program diet tak sehat juga mampu membuatmu sakit kepala. Sakit kepala relatif tidak berbahaya, namun, dalam beberapa kasus, ia bisa menjadi indikasi masalah kesehatan yang parah seperti stroke, tumor otak atau aneurisma.

Baca juga:

Manfaat Lada Putih Bagi Kesehatan

Dilansir dari Boldsky, berikut ini kaitan sakit kepala dengan kondisi kesehatanmu.

1. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang karena stres (Foto: Pixabay/geralt)
Sakit kepala tegang karena stres (Foto: Pixabay/geralt)

Nyeri, berdenyut dan konstan, ia adalah salah satu jenis sakit kepala paling umum. Sakit kepala tegang terkonsentrasi di sekitar pelipis atau dekat bagian belakang kepala dan leher. Tapi rasa sakit juga dapat dirasakan di atas dan di bawah mata.

Pakar kesehatan mengaitkan sakit kepala ini disebabkan oleh stres dan kecemasan. Kondisi tersebut menyebabkan otot leher dan kulit kepala berkontraksi. Sakit kepala tegang dapat diatasi dengan mengonsumsi teh jahe. Memakai dua hingga tiga tetes minyak peppermint ke garis rambut juga bisa membantu karena melemaskan otot-otot di sekitar kepala dan leher.

2. Sakit kepala sinus

Sakit kepala sinus mengindikasikan gaya hidup tak sehat (Foto: Pixabay/geralt)
Sakit kepala sinus mengindikasikan gaya hidup tak sehat (Foto: Pixabay/geralt)

Sakit kepala ini mengindikasikan kalau gaya hidup kamu tak sehat. Sakit kepala sinus disebabkan oleh masalah seputar area sinus seperti di belakang jembatan hidung dan di dalam dahi atau tulang pipi. Ketika area-area ini meradang karena reaksi alergi atau infeksi, jalur untuk mengeluarkan lendir dari sinus menjadi tersumbat. Akibatnya timbul rasa sakit.

Baca juga:

Waspadai Overdosis Kafein

Sakit kepala sinus dapat pula disebabkan konsumsi minuman yang tidak sehat dan kurangnya air putih. Terlalu sering menggunakan obat-obatan juga terkait dengan sakit kepala sinus. Peradangan sinus dapat dikurangi dengan minum air hangat atau teh. Alternatif lain mengunyak sedikit jahe segar karena bumbu dapur ini memiliki sifat antiinflamasi dan penghilang rasa sakit.

3. Migrain

Sakit kepala migrain adalah salah satu yang paling umum (Foto: Pixabay/RobinHiggins)
Sakit kepala migrain adalah salah satu yang paling umum (Foto: Pixabay/RobinHiggins)

Salah satu jenis sakit kepala yang paling umum. Migrain menyerang lebih dari 40 juta orang di seluruh dunia. Meski sering disebut sakit kepala sebelah, rasa sakit yang dialami selama migrain parah dan berulang dapat menyebabkan rasa sakit di kedua sisi kepala Nyeri migrain biasa terjadi dari bagian atas kepala dan bergerak ke bawah.

Dari semua tipe sakit kepala, migrain adalah yang paling menyebalkan. Kepala akan berdenyt ketika mendengar suara atau melihat cahaya. Genetika dan faktor lingkungan berperan dalam kerentanan seseorang terhadap kondisi tersebut. Pola makan dengan nutrisi yang kurang tepat dan mengonsumsi makanan olahan dan asin berlebihan adalah beberapa penyebab utama.

Selain itu, pola tidur yang tidak sehat dan minum obat yang berlebihan juga dapat memicu migrain. Mengkonsumsi vitamin B12 dan asam lemak omega-3 telah terbukti membantu mengurangi rasa sakit migrain.

Baca juga:

Cara Sederhana Putihkan Gigi, Halau Gigi Kuning


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH