Mengundurkan Diri, Rektor UII Harsoyo: Kesalahan Mutlak pada Pemimpin

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 26 Januari 2017
  Mengundurkan Diri, Rektor UII Harsoyo: Kesalahan Mutlak pada Pemimpin
Rektor UII Harsoyo (MP/Fredy Wansyah)

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Harsoyo menyatakan diri resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri ini terkait tragedi kematian tiga mahasiswa UII yang ikut great camp Mapala Unisi.

"Saya mundur per hari ini. Tapi niat itu (mengundurkan diri) sudah ada sejak hari pertama (mengetahui mahasiswa UII meninggal," kata Harsoyo saat ditemui usai konferensi pers di Kantor Kopertis, jalan Tentara Pelajar, Yogyakarta, kamis (26/1).

Harsoyo menjelaskan, pengunduran dirinya sebagai bentuk tanggungjawabnya memimpin UII. Menurutnya, tewasnya tiga mahasiswa UII tersebut tidak terlepas dari kepemimpinan rektor dan pembantu rektor.

"Secara moral saya mengakui bahwa saya gagal memimpin. Pertanggungjawaban saya di akhirat berat kan," paparnya.

Selama memimpin, ia mengetahui bahwa diklatsar Mapala Unisi tidak pernah mengalami tragedi hingga menyebabkan kematian. "Sudah 37 kali mengadakan itu. (Mapala Unisi) Berdiri sejak 3 Juli 1974," katanya.

Rektor UII Harsoyo di Yogyakarta
Rektor UII Harsoyo setelah umumkan pengunduran dirinya (MP/Fredy Wansyah)

Harsoyo mengaku tetap akan menuntaskan permasalahan ini. Untuk itu, dia berjanji tetap berkoordinasi dengan Menristekdikti, koordinator kopertis, dan pihak yayasan. "Semua urusan ini akan saya selesaikan. Kesalahan bukan pada anak buah, tapi mutlak pada pemimpin," tegasnya.

Seperti diketahui, kegiatan great camp Mapala UII di Gunung Lawu, Tawangmangu, Jawa Tengah, menewaskan tiga korban mahasiswa UII akibat adanya tindak kekerasan. ketiganya yakni Ilham, Fadil, dan Syaits. Ilham dinyatakan tewas di RS Bethesda, Senin malam. Sementara Fadil menghembuskan nafas terakhir dalam perjalanan dari basecamp kegiatan Mapala ke Puskesmas Tawangmangu, Jumat (20/1). Sedangkan Syaits tewas sehari kemudian, Sabtu (21/1) di RS Bethesda, Yogyakarta.

Berita ini berdasarkan laporan Fredy Wansyah, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Dapatkan informasi lainnya dari Yogyakarta dalam artikel: Artis Ibukota Ini Rela Blusukan ke Warung Belut Pak Sabar.

#Mapala UII #Rektor UII Harsoyo #Universitas Islam Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan