Mengulik Prediksi Market Drone Masa Depan

P Suryo RP Suryo R - Senin, 13 Februari 2023
Mengulik Prediksi Market Drone Masa Depan
Drone atau Unmanned Aerial Vehicles (UAV) mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga tahun 2022. (freepik/diana grytsku)

PESAWAT terbang tanpa awak atau drone, yang dalam bahasa Inggris, benda ini disebut juga dengan Unmanned Aerial Vehicles (UAV) telah mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga tahun 2022. Berbagai instansi mulai dari pemerintah hingga industri mempercayakan drone dalam kegiatan harian mereka, hingga peraturan dan regulasi yang mendukung pemanfaatan drone pun juga ikut berkembang.

Sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa drone industri terbesar di dunia, Terra Drone membagikan prediksi pasar drone 2023 melalui webinar dengan judul Drone Industry Outlook 2023. Webinar menghadirkan empat narasumber yakni Capt Meddy Yogastoro selaku RPAS DKPPU Coordinator, Dr M Akbar Marwan selaku Ketua Umum Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), Indra Permana Sopian selaku Wakil Ketua Bidang Eksternal Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA), dan Michael Wishnu Wardana Siagian selaku Managing Director Terra Drone Indonesia.

Baca Juga:

Kontes Pakaian untuk Astronaut, Tetap Modis di Antariksa

drone
Prediksi pasar drone 2023 dibahas tuntas melalui webinar dengan judul 'Drone Industry Outlook 2023'. (Terra Drone Indonesia)

Pertumbuhan pasar drone akan terjadi di Indonesia. Semakin banyak perusahaan yang terlibat sebagai bagian dari ekosistem sebagai penyedia layanan, produsen hardware, pengembang software, atau integrator sistem. Ada juga beberapa perusahaan yang mencoba mengembangkan pengontrol penerbangan sendiri, mencoba menjadi Original Equipment Manufacturer (OEM) pemasok komponen.

Dari segi regulasi, Capt Meddy menyampaikan bahwa tahun 2023 ini kegiatan yang paling erat dengan dunia drone ialah sertifikasi pilot maupun registrasi drone yang semakin lebih mudah dengan munculnya SIDOPI-GO. Drone logistik juga sudah bisa dijalankan 2023 melalui RPAS Operator Certificate (ROC). ROC adalah sertifikat yang diberikan kepada orang atau badan hukum Indonesia yang mengoperasikan UAS untuk kegiatan angkutan udara (Niaga maupun Non-Niaga).

Dari segi karir bagi para pilot drone, di tahun 2022 kemarin ada lebih dari 7 ribu pilot drone yang melakukan sertifikasi pilot, meningkat jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Dengan jumlah tersebut, tentunya kita melihat para peminat drone semakin banyak yang serius untuk membawa kegiatan ini bukan hanya sekedar hobi tapi menjadi pilot profesional di perusahaan. Di 2023 pula nanti akan dibuat skema untuk mempersiapkan sertifikat drone untuk kebutuhan para industri yang nantinya akan menjalankan operasi drone logistik maupun transportasi.

Dari segi perkembangan industri, Asia menjadi pertumbuhan terbesar untuk pasar drone. Pada tahun 2022, nilai pasar yang terjadi di industri drone mencapai 168 Triliun Rupiah dan diproyeksi akan mencapai Rp300 Triliun di tahun 2030.

Di tahun 2023 ini, drone menjadi teknologi yang akan sangat diandalkan di industri pertanian, hal itu untuk mendukung percepatan operasional untuk memenuhi kebutuhan yang tinggi. Di migas, tren yang akan terus berlanjut masih sama yakni untuk pemantauan jalur pipa dari kebocoran ataupun kejahatan.

Baca Juga:

Samsung Perkenalkan Monitor Gaming OLED Pertama

drone
Di tahun 2023 ini, drone menjadi teknologi yang akan sangat diandalkan di beberapa industri. (freepik/freepik)

Beberapa industri seperti agrikultur dan kehutanan, diprediksi akan terus menggunakan drone karena penggunaannya yang lebih unggul dibanding cara sebelumnya. Namun, ada industri khusus yakni pertanahan khususnya PTSL yang tahun ini akan ramai penggunaanya menggunakan drone.

Dari segi pemanfaatan dan teknologi, pemetaan dan inspeksi masih menjadi aplikasi yang diincar karena kebutuhannya juga yang memang banyak di setiap wilayah ataupun perusahaan. Untuk tujuan security, surveillance, dan monitoring, saat ini beberapa drone sudah dilengkapi oleh kamera video dengan kemampuan zoom hingga 40x, kamera thermal, dan kapabilitas untuk target acquisition.

Drone juga dapat digunakan untuk keamanan, kebencanaan, lalu lintas, dan public safety. Selain itu pemanfaatan untuk pekerjaan lainnya di industri yang tinggi resiko seperti migas dan tambang, diprediksi akan terbuka untuk penggunaan drone untuk inspeksi NDT, pendeteksian kebocoran gas, hingga survei geofisika.

Michael Wishnu Wardana dalam kesempatannya mengungkapkan, “Di Indonesia, pemanfaatan teknologi drone sebagian besar masih untuk aplikasi pemetaan, dengan perkembangan pesat berikutnya berada di sektor agrikultur. Tantangan kendala utamanya adalah nilai ekonomis (cost vs benefit) dari pemanfaatan drone itu sendiri.

Terra Drone Indonesia sebagai bagian dari penyedia layanan drone industry akan terus memperkenalkan aplikasi pemanfaatan drone ke market baru, dengan drone yang lebih canggih untuk survei, inspeksi, survei geofisika, pengawasan, dan lain-lain. (dgs)

Baca Juga:

Google Bakal Perkenalkan Bard, Rival ChatGPT

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan