Kesehatan

Mengulik Manfaat Vitamin D

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 15 Juli 2021
Mengulik Manfaat Vitamin D
Mengonsumsi vitamin D dapat menjaga sistem kekebalan imun tubuh. (Foto: Unsplash/leohoho)

PADA masa pandemi saat ini, imunitas tubuh adalah hal yang paling utama. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh adalah mengonsumsi vitamin.

Vitamin yang dapat mencegah virus menginfeksi tubuh adalah vitamin D. Orang yang terpapar COVID-19, akan diberikan resep vitamin D di dalam obat-obatannya. Vitamin D ini mempunyai manfaat yang baik untuk menjaga imun, dan juga efektif untuk pemulihan tubuh.

Baca Juga:

Sering Merasa Lelah Setelah Makan? Ini Alasannya

Dengan mengonsumsi vitamin D, pasien cenderung memiliki gejala yang lebih ringan dibandingkan pasien yang kurang asupan vitamin D. Vitamin D ini tidak hanya ditemukan dalam bentuk suplemen. Vitamin D dapat diperoleh melalui sinar matahari, susu, oatmeal, salmon, dan kuning telur. Laman hellosehat mengungkap manfaat Vitamin D.


1. Kesehatan tulang dan otot

vitamin
Vitamin D berperan untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. (Foto: Unsplash/gabinvallet)

Mengonsumsi vitamin D melalui asupan makanan atau suplemen dapat mencegah pengeroposan pada tulang. Vitamin D dapat membuat tulang menjadi kuat dan menguraangi resiko patah tulang. Kamu bisa mengonsumsi sumplemen dengan kandungan vitamin D dan susu.

2. Mencegah penyakit autoimun

vitamin
Vitamin D bisa didapatkan dengan berjemur dibawah sinar matahari. (Foto: Unsplash/derekthomson)

Penyakit autoimun adalah penyakit yang disebabkan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel dalam tubuh. Seharusnya sistem kekebalan tubuh berperan untuk melindungin tubuh dari virus. Penyakit ini disebabkan karena kurangnya asupan vitamin D. Dengan berjemur dapat mengurangi resiko penyakit autoimun. Sinar matahari yang baik untuk berjemur yaitu jam 9-10 pagi.

Baca Juga:

Pentingnya Self-Talk di Masa Pandemi

3. Mencegah penyakit kronis

vitamin
Kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang baik untuk kesehatan. (Foto: Unsplash/mustafabashari)



Selain menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin D memiliki manfaat mencegah penyakit kronis seperti kanker, jantung, serangan jantung dan darah tinggi. Pada kondisi seperti ini, banyak pasien yang terpapar virus COVID-19 bersamaan dengan penyakit bawaan (komorbid). Dengan kasus seperti ini, akan kecil kemungkinan sembuh dengan cepat, karena virus akan menyebar dan menginfeksi bagian yang rentan.

Munculnya penyakit kronis bisa disebabkan karena vitamin D yang rendah didalam tubuh. Mengonsumsi vitamin D tidak hanya dalam keadaan sakit, melainkan dikosumsi juga dalam keadaan sehat untuk mencegah infeksi virus didalam tubuh. Serta menjaga kekebalan sistem imun. (cil)

Baca Juga:

Jangan Dilarang, Main Bareng Teman Banyak Faedahnya

#Kesehatan #Vitamin D
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan