Mengulik Lebih Dalam Keputusan Griezmann Tinggalkan Atletico Antoine Griezmann (zimbio)

MerahPutih.com - Antoine Griezmann mengucapkan selamat tinggal kepada Diego Godin pada hari Minggu. Selang tiga hari kemudian, Griezmann mengucapkan perpisahan kepada rekan-rekannya yang lain.

Setahun setelah memperbarui kontrak, setelah menolak kesempatan gabung Barcelona, Griezmann mengumumkan akan mengikuti jejak Godin meninggalkan Atletico Madrid akhir musim.

Godin sudah terlebih dulu mengucapkan kata perpisahan kepada rekan setim dan suporter. Sang kapten akan melanjutkan petualangannya di Serie A bersama Inter Milan musim depan.

Sedangkan Griezmann, belum jelas akan berlabuh di klub mana musim depan. Meski memang gencar dikabarkan penyerang Prancis ini akan mendarat ke Barcelona, klub yang musim lalu ditampiknya.

Kata pisah dari Griezmann terucap setelah bertemu dengan CEO Miguel Angel Gil Marin, pelatih Diego Simeone, dan Direktur Olahraga Andrea Berta. Pada pertemuan itu, Griezmann menginformasikan jika dirinya memutuskan tidak ingin bertahan.

Pada 1 Juli mendatang, dilansir The Guardian, nilai buyout clause Griezmann turun dari 200 juta euro menjadi 120 juta euro. Kondisi ini membuat klub tak bisa lagi menahan keinginan hengkang Griezmann lebih lama.

Pasalnya jika mencoba menahan lebih lama, Atletico akan menerima dana yang jauh lebih kecil, selisih 80 juta euro bukanlah angka sedikit. Apalagi dari nilai klausul tersebut, 20 persen merupakan jatah Real Sociedad, klub lama Griezmann.

Bagi Atletico dan suporter klub, situasi ini sangat sulit. Tanda tanya besar tentang nasib Atletico pun mengapung. Tidak sedikit yang memprediksi, hengkangnya Griezmann akan menjadi pemicu terjadinya eksodus pemain.

Dengan ditambah Griezmann, Atletico kini sudah kehilangan tiga pemain pilar. Sebelumnya Godin yang pindah ke Inter Milan dan Lucas Hernandez, yang sudah meneken kontrak dengan Bayern Munchen.

Efek Domino Godin

Diego Godin (zimbio)
Diego Godin (zimbio)

Musim panas lalu, Griezmann setuju untuk lebih memilih melanjutkan karier di Atletico ketimbang bergabung dengan Barcelona. Kala itu, klausul pembelian Griezmann masih senilai 100 juta euro.

Sebelumnya, Griezmann disebut sudah memiliki kesepakatan dengan klub. Jika Barcelona menyanggupi nilai klausul, klub akan melepasnya. Tapi, entah kenapa, Griezmann membatalkan kesepakatan dan memilih untuk menandatangani kontrak baru hingga 2023 dengan Atletico.

Prosen dan pengumuman keputusan ini bahkan dibuatkan sebuah dokumenter spesial yang diberi titel "The Decision". Namun jika dilihat lebih dalam, Atletico sejatinya tidak berhasil sepenuhnya menahan Griezmann.

Pasalnya, dalam kontrak baru itulah kesepakatan penurunan nilai klausul pembelian dari 200 juta euro ke 120 juta euro diselipkan. Artinya, Griezmann masih membuka pintu peluang dirinya hengkang meski menandatangani kontrak baru.

Bahkan dalam tulisannya, kolomnis Sid Lowe mengungkap, pada pertengahan musim lalu, kubu Griezmann sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa klub besar Eropa, termasuk Barcelona dan Paris Saint-Germain. Jadi, Griezmann sejatinya sudah tahu klub mana yang akan dibelanya musim depan.

Pihak Atletico dikabarkan sudah meminta Griezmann mengungkapkan klub yang akan mendapatkannya. Namun Griezmann keberatan memberitahukan. Rasanya memang tidak masuk

Tidak masuk akal jika dia mengumumkan akan meninggalkan Atletico tanpa mengetahui tujuan. Namun masuk akal jika dia hanya menunda hingga 1 Juli untuk mengumumkannya kepada publik.

Video saat Griezmann mengumumkan keputusannya pergi sama sekali tidak berbeda dengan apa yang dilakukan Godin.

Griezmann memang terpukul dengan kepergian Godin. Griezmann tiba di laga kandang terakhir Atletico mengenakan jersey nomor 2 milik Godin. Itu dilakukan sebagai bentuk penghormatannya kepada sang kapten.

Seperti diketahui, Godin mengungkapkan dia sebenarnya ingin tetap tinggal. Namun kebijakan klub yang membatasi perpanjangan kontrak menjadi satu tahun untuk semua pemain di atas 30 tahun, membuatnya pergi. Ya, kebijakan klub inilah yang membuat suasana ruang ganti goyah.

Griezmann yang sangat dekat dengan Godin tentu mengetahui apa yang dihadapi sahabatnya itu. Sebagai informasi, Godin adalah bapak baptis dari anak perempuan Griezmann. Dalam acara pengumuman resmi kepergian Godin, dari raut wajahnya, Griezmann jelas terlihat terpukul.

Final Liga Champions di Kandang

Stadion Wanda Metropolitano, venue Final Liga Champions 2018-2019 (Foto: Champions League/Twitter)
Stadion Wanda Metropolitano, venue Final Liga Champions 2018-2019 (Foto: Champions League/Twitter)

Lalu, mengapa musim lalu Griezmann memutuskan tetap bertahan meski ada peluang bergabung dengan BArcelona? Jawabannya adalah final Liga Champions yang musim ini akan digelar di Stadion Wanda Metropolitano, kandang Atletico.

Bagi pemain Atletico, target tampil di final menjadi pengikat mereka mengawali musim. Ikatan yang menunda keinganan pemain untuk hengkang. Namun, seperti diketahui, Atletico tak berkutik di ajang Liga Champions.

Tak berapa lama setelah Atletico tersingkir dari Liga Champions, Bayern Munchen memgumumkan telah mendapatkan Lucas Hernandez yang akan memperkuat mereka musim depan. Kemudian Godin, Griezmann, dan Juanfran.

Masih ada beberapa pemain Atletico yang masa depannya belum jelas. Sebut saja Filipe Luis yang belum juga ditawari perpanjangan kontrak. Sedangkan Saul, yang acap mengeluhkan perannya dalam tim, sedang menjadi incaran banyak klub. Pun dengan Rodri yang hanya dipagari klausul pembelian 70 juta euro. (bolaskor.com)

Baca Juga: Real Madrid dan Barcelona Saling Sikut Berebut Bintang Muda Ajax



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH