Mengulas Esmeralda Special di Battle of Geisha Hari Ketiga Esmeralda Special jadi bintang di hari ketiga. (foto: side.id/andhika)

SETELAH mengulas Best of Panama Washed serta Best of Panama Natural di hari pertama dan kedua Battle Of Geisha, tiba saatnya hari ketiga yang sangat ditunggu-tunggu para peserta, yaitu Cupping Esmeralda Special.

Tepat pada pukul 15.00 WIB, Minggu (7/7), belasan peserta yang ingin mengikuti Battle Of Geisha hari ketiga tampak telah memadati venue acara, yaitu di A Tale of Two Coffee Beans, Gading Serpong, Tangerang.

Aturan mainnya sama seperti cupping hari sebelumnya. Pertama-tama yaitu menghirup aroma saat kopi kering atua baru digiling, tahap kedua menghirup aroma saat kopi telah diseduh dan yang terakhir, yaitu di-cupping atau diicip.

Kali ini biji kopi yang digunakan berbeda dari hari sebelumnya. Biji kopi yang digunakan yaitu Esmeralda Special.

esmeralda special
Kopi Esmeralda Special yang dicoba di hari ketiga. (foto: side.id/andika)

Ada 15 biji kopi yang dipertandingkan. Untuk kategori Emseralda Special Washed ada Mario Jon Jose, Lino Carnaval, Noria Jan Jose, Super Mario Jan Jose. Lalu untuk Doble Washed ada Lino Jon Jose dan Noria Jan Jose.

Sementara itu, untuk Esmeralda Special Natural ada Noria Carnaval, Lino Carnaval, Super Mario Jan Jose, dan Tumaco Carnaval. Lalu untuk kategori special process terdiri dari Mario Jan Jose, Noria Jan Jose, Mario Porsena, Noria Porsena, dan Tumaco Jon Jose.

BACA JUGA: Seru Abis! Cupping Best Of Panama Washed di Battle of Geisha

Para peserta yang mengikuti cupping Esmeralda Special pun terdiri dari berbagai profesi, dari mulai pecinta kopi, roaster hingga pemilik coffe shop.

Detik demi detik pun tak terasa berlalu begitu cepat. Hal itu lantaran antusiasme peserta yang begitu luar biasa saat proses cupping kopi yang sangat-sangat spesial tersebut.

cupping kopi
Cupping dimulai dengan mencium aroma kopi saat kering. (foto: side.id/andika)

Hingga akhirnya sekitar 90 menit cupping Esmeralda Special pun telah beralu. Dari Battle Of Geisha hari ketiga hasil yang didapat untuk kategori Esmeralda Natural ialah Super Mario Jon Jose, yang berhasil meraih poin tertinggi dari para peserta. Sementara untuk kategori Esmeralda Washed dipegang oleh Lino Karnaval.

Adapun perbedaan dari Best of Panama dan Esmeralda Spesial. Hal itu sampaikan oleh Ichsan Budiarso, founder Beangasm sekaligus pihak penyelenggara. "Kalau esmeralda ini memang dari Panama, tapi memang ada satu farm yang memang dia salah satu Best of Panama. Dia juga hampir setingkat, tapi dia punya proses yang spesial. Kualitas-kualitas yang dia produksi enggak kalah sama Best of Panama," tutur Ichsan saat ditemui Merahputih.com di acara Battle of Geisha, di A Tale of Two Coffee Beans, Gading Serpong, Tangerang, Minggu (7/7).

cupping kopi
Peserta antusias mencicip Esmeralda Sepcial. (foto: side.id/andika)

Battle of Geisha bermula dari rasa penasaran Ichsan Budiarso selaku founder Beangasm yang ingin menyuguhkan sesuatu yang spesial. "Awal mulanya karena kita senang ya kalau kita bisa mencoba sesuatu yang baru, dan bukan yang baru tetapi yang bener-bener spesial," ucap Ichsan.

Selain itu, Ichsan juga mengatakan ia berkesempatan mendapatkan bean yang spesial dan sangat-sangat langka. Dari situlah Ichsan tak ingin mencobanya sendiri, tapi juga ingin para pencinta kopi di Indonesia menikmatinya.

cupping kopi
Bersiap mencicip kopi. (foto: side.id/andika)

Akhirnya dibuatlah Battle Of Geisha. Tujuannya, agar sama-sama dapat belajar dan mengetahui seperti apa cita rasa kopi yang spesial.

Lalu untuk pemilihan tempat acaranya juga bukan tanpa alasan. Bagi Ichsan, A Tale of Two Coffee Beans merupakan salah satu coffee shop di Indonesia yang memang mengkhususkan diri untuk menyajikan bean Geisha. Karena itulah sangat pas rasanya jika membuat cupping Battle of Geisha di tempat tersebut.

Di acara Batte Of Geisha hari ini telah berakhir, para peserta tampak begitu sangat puas lantaran dapat mengulas tuntas serta mencicipi ragam varian dari biji kopi Geisha yang sangat fenomenal.

cupping kopi
Mencicip kopi Esmeralda Special. (foto: side.id/andika)

Pihak penyelenggara berharap industri kopi akan semakin maju, dari mulai petani kopi, roaster dan coffee shop

Dengan diselenggarakannya acara Battle of Geisha, Ichsan berharap industri kopi di masa depan semakin maju. Bukan hanya industri kopi semakin maju, melainkan juga kualitas kopi dari petani Indonesia meningkat, serta roaster Indonesia diharapkan semakin berkualitas.(ryn)

Kredit : raden_yusuf


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH