Mengubah Waktu, Mengubah Kebutuhan Beberapa jam tangan kemudian membuat perubahan besar-besaran. (Foto: Drive Safe and Fast)

TIDAK banyak yang mengetahui jam tangan yang dipakai sekarang ini sudah melakukan perjalanan panjang. Terdapat perubahan-perubahan besar yang kemudian membawa pada perubahan desain jam tangan.

Perubahan-perubahan itu menjawab berbagai kebutuhan-kebutuhan pada jamannya. Dari kedalaman lautan sampai ke permukaan bulan. Dan tentu saja desain dan kekuatan jam tangan pun berubah total.

(Foto: hoodinkee)

Rolex Submariner

Rolex tak hanya dikenal sebagai jam tangan yang mumpuni dalam segala medan. Kehadiran Summariner di tahun 1953 semakin mengukuhkan itu. Di tahun 1960 ketika Auguste dan Jacques Piccard dari Swiss menyelam ke dasar Teluk Naples dengan Rolex Deep Sea Special melingkar di tangan, orang langsung paham dengan kekuatan jam tangan itu. Submariner pertama mampu menyelam hingga 100 meter.

(Foto: bobswatches)

Omega Speedmaster

Jam tangan ini adalah jam tangan pertama yang sampai di bawa ke bulan. Speedmaster Professional pernah menjalani tes direndam pada cairan dengan suhu 93 derajat celcius. Dari 10 jam tangan yang dites hanya Speedmaster yang masih menggerakan jarumnya. Karena berbagai kemampuannya, jam tangan ini selalu disertai di semua misi NASA.

(Foto: ablogtowatch)

Seiko Astron

Jam ini teregistrasi sebagai IEEE Milestones, yang menandakan bahwa produk ini adalah produk pertama yang menggerakan berbagai perubahan setelahnya. Astron menjadi pemenang dari perlombaan jam tangan quartz melawan produsen Swiss.

(Foto: retaildetail)

Swatch

Setelah mengalami kekalahan dalam perang quartz di tahun 1969, 24 tahun kemudian Swiss kembali dengan Swatch. Meskipun menduduki posisi terbawah dalam kualitas produk jam Swiss namun segera mendapatkan perhatian dari dunia. Keragaman warna dan modelnya menarik orang untuk memiliki dan mengoleksinya.

Jam ini tadinya hanya akan diproduksi sebanyak 10 ribu unit saja. Namun sampai tahun 2006 Swatch sudah diproduksi lebih dari 350 juta unit. Bahkan Swatch mampu membeli perusahaan jam tangan Swiss yang kembang kempis seperti Omega dan Longines.

(Foto: amazonnews)

Casio G-Shock

Tak jauh dari kehadiran Swatch, perusahaan Jepang, Casio, melempar produk anyarnya G-Shock. Jam tangan dengan jargon Toughest Timepiece, memang membuktikan jargon itu. Para penggila kegiatan luar ruang sangat menyukainya, termasuk musisi dan tentara.

(Foto: Monochrome Watches)

Panerai Luminor

Pertengahan 1990-an, Sylvester Stallone menjadi brand ambassador jam tangan ini. Sly bisa menjadi ambassadornya, karena ia membeli jam tangan itu kemudian dipakai dalam film 'Daylight'. Jam tangan ini dikenal dengan modelnya yang baik dan pantas di tangan para selebrita. Ketika perusahaan Panerai dibeli oleh Richemont, perkembangan desainnya semakin menggila.

(Foto: Zenith Watches)

Zenith El Primero

Tak pelak lagi jam tangan ini menjadi acuan pembuat jam tangan automatic chronograph. Bahkan mereka sudah membuatnya di tahun 1969 sebelum Tag Heuer dan Breitling. Jam tangan Zenith El Primero masih diproduksi sampai sekarang.

(Foto: hpmuseum)

Hewlett Packard HP-01

Sebelum termin smart watch muncul, Hewlett Packard (HP) sudah membuat jam pintar terlebih dahulu setahun setelah perusahaan Apple berdiri. HP merilis jam tangan kalkulator pertama ke masyarakat di tahun 1977. Dilengkapi dengan alarm, stylus dan kalender dari tahun 1900 sampai 2099. Sayang jam tangan ini dihentikan produksinya di tahun 1979. Namun HP-01 sudah memberikan jalan munculnya jam tangan sejenis setelahnya. (psr)

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH