Mengonsumsi Obat-Obatan Bisa Merusak Ginjal? Obat-obatan tidak selalu membuat kita terserang penyakit ginjal (Foto: Pixabay/Pexels)

GINJAL berfungsi untuk menyaring racun-racun pada tubuh. Setelah tersaring dengan kerja ginjal, racun tubuh tersebut akan dikeluarkan melalui urine. Sehingga, jika fungsi ginjalmu rusak, maka kamu akan bisa terserang penyakit ginjal. Paling parahnya kamu mengalami gagal ginjal dan harus melakukan tindakan cuci darah hingga transpalasi ginjal.

"Ginjal merupakan pabrik pemurnian, semuan yang ada dalam tubuh dibuang dan disaring melalui ginjal," papar Dr. Tunggul D. Situmorang, SpPD-KGH, Dipl/M.Med.Si, Finasim saat ditemui merahputih.com di Jakarta Pusat, Kamis (17/10).

Baca juga:

Perawatan Kecantikan Menggunakan Air Mawar, Ini Manfaatnya

Nah, salah satu anggapan yang salah kaprah adalah obat-obatan dapat merusak fungsi ginjal. Hal ini membuat banyak orang takut mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi penyakit mereka. Padahal obat-obatan tersebut sudah melalui resep dokter.

Jangan takut mengonsumsi obat (Foto: pixabay/pexel)
Jangan takut mengonsumsi obat (Foto: pixabay/pexel)

Sebenarnya kamu tidak perlu takut mengonsumsi obat-obatan. Asalkan obat yang kamu konsumsi memang jelas diberikan oleh dokter. Karena mengonsumsi obat sama sekali tidak merusak ginjal. "Obat anti hipertensi, gula dan kolestrol, tidak mengganggu ginjal," ujarnya.

Tunggul mengatakan, tetap ada jenis obat yang bisa merusak ginjal. Contohnya seperti obat-obatan berkhasiat yang tidak jelas pembuktiannya secara medis semisal obat anti sakit dan obat pengurus badan. Obat-obatan tersebut biasanya juga tidak dijual di apotek. "Obat-obat tidak jelas yang dibeli di counter bebas. Jadi itu yang membuat seseorang bisa sakit ginjal," sambung Tunggul.

Baca juga:

Jangan Putus Asa Ketika Sakit Ginjal

Kata Tunggul, justru jika malas mengonsumsi obatlah yang bisa bikin seseorang terkena sakit ginjal bahkan sampai mengalami gagal ginjal. Misalnya jika seseorang terkena hipertensi. Tentu obat hipertensi sangat aman untuk ginjal karena memang bertujuan untuk mencegah seseorang terkena gagal ginjal. Sebab, hipertensi merupakan penyebab seseorang menderita penyakit ginjal.

Penyakit ginjal (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)
Penyakit ginjal (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

"Orang hipertensi jadi gagal ginjal karena obatnya kurang dan di stop. Lalu tekanan darah mereka naik dan jadi gagal ginjal," pungkas Tunggul.

Baca juga:

Rekayasa Genetik, Solusi atau Masalah untuk Ketahanan Pangan?

Sahabat Merah Putih, jadi kamu tidak perlu merasa obat-obatan dokter yang kamu konsumsi bisa menyebabkan gangguan pada ginjalmu. Selama obat tersebut berdasarkan rekomendasi dokter, tentu obat yang kamu konsumsi itu aman untuk organ tubuh kamu yang sangat berharga itu. (ikh)


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH