Mengonsumsi Coklat Bisa Bikin Panjang Umur Coklat dipercaya dapat memperpanjang umur (Foto: Pixabay/congerdesign)

COKLAT siapa yang tidak suka. Sayangnya kerap kali diperdebatkan. Coklat disebut-sebut membuat tubuh kamu lebih gemuk. Namun di sisi lain ada yang mengatakan makanan nikmat yang bisa bikin panjang umur.

Digadang-gadang, orang yang rutin mengonsumsi cokelat setiap harinya, memiliki harapan hidup yang lebih panjang atau bisa dibilang panjang umur.

Menurut sebuah penelitian baru, memakan cokelat dan minum kopi serta teh dapat membuat seseorang hidup lebih lama. Ini berhubungan dengan manfaat dari coklat yang mengandung zinc, merupakan senyawa yang bisa memperlambat penuaan.

Coklat dapat melindungi dari stres oksidatif (Foto: Pixabay/security)

Seperti yang dilansir dari laman independent, para peneliti dari Universitas Erlangen di Nuremberg dan Universitas AuBurn di Alabama, mengungkap bahwa coklat melindungi terhadap stres oksidatif yang terjadi secara alami. Seperti yang diketahui sebelumnya jika stres oksidatif dapat menyebabkan penuaan, kanker, peradangan dan penyakit degeneratif.

Sementara itu zinc memberikan manfaat sangat baik untuk membantu tubuh melawan bakteri dan virus. Selain itu adapula polifenol antioksidan yang juga ditemukan pada teh dan kopi memberikan dampak yang berbeda. Para penliti menggabungkan keduanya dalam percobaan di laboratorium.

Polifenonal dalam cokelat dapat memecah stres oksidatif (Foto: Pixabay/skeeze)

Polifenol tak dapat memecah stres oksidatif, namun ketika dikombinasikan dengan zinc, menciptakan enzim "mega Kompleks" yang dapat melindungi tubuhmu dari gas limbah yang merusak.

Seperti yang dituliskan dalam jurnal ilmiah Nature Chemistry, senyawa yang dihasilkan tersebut mirip dengan superoksida dismutase enzim (SOD), senyawa ini tercipta secara alami dan menghancurkan gas serta melindungi tubuh.

Coklat bisa melindungi tubuh (Foto: Pixabay/kwol)

Usaha sebelumnya menggunakan logam seperti halnya besi atau tembaga juga dapat memiliki efek antioksidan. Namun itu pun dapat menyebabkan peningkatan stres oksidatif.

Kemudian zinc efektif bukan karena minim kandungan racun ketimbang logam lain. Namun mengarahkan penelitian mengeluarkan hipotesesa, jika zinc mungkin dapat ditambahkan ke makanan masa depan untuk tingkatkan kesehatan konsumen. (ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya yuk Usung 4 Kamera, Smartphone Ini Siap Bersaing dengan Brand Ternama

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH