Hobi
Mengoleksi Lukisan Tidak Bisa Sembarangan Memelihara lukisan penting dan banyak tantangannya. (unsplash @alinnnaaaa)

KARYA manusia yang umumnya berbentuk dua dimensional itu sangat penting untuk dijaga kualitasnya.

"Lukisan adalah sebuah aset, kalau tidak dijaga, nilainya akan menurun," buka Jarot Mahendra, Konservator Galeri Nasional Indonesia dalam webinar, Selasa (6/10).

Baca juga:

Terungkap, Coretan Tersembunyi di Balik Lukisan Monalisa

Bagi yang tidak hobi atau paham lukisan, mungkin kamu hanya melihat lukisan sebagai sebuah pajangan dan tidak paham mengapa penting menjaganya.

Seringkali, lukisan-lukisan memiliki nilai sejarah yang tinggi. Karena zaman dulu teknologi fotografi tidak canggih, mereka bersandar pada lukisan untuk dokumentasi. Lukisan yang bersejarah bisa dibandingkan seperti penemuan fosil-fosil dinosaurus.

Lukisan adalah sebuah aset yang memiliki nilai tinggi. (Foto: unsplash/stalebg)

Tidak harus bersejarah, Mahendra menjelaskan karena lukisan bisa menjadi media ekspresi bagi pelukis. Penikmat lukisan yang melihat sebuah lukisan bisa merasakan ketertarikan dan makna dari sebuah lukisan.

Seperti lukisan The Scream oleh Edvard Munch pada tahun 1893. Dari satu gambar itu muncul banyak perspektif dan perasaan yang berbeda-beda mengenai ekspresi sosok di lukisan tersebut. Ada juga yang menganggap itu suatu ekspresi kekaguman, kecemasan, dan kesedihan. Lukisan tersebut saat dilelang mendapatkan tawaran sebesar Rp1,2 triliun.

Nilai besar yang dimiliki lukisan membuat penting untuk menjaganya. Sebelumnya, apa saja sih faktor-faktor yang bisa merusak lukisan? Mahendra menyebutkan terdapat delapan faktor yaitu kelembaban dan suhu, radiasi sinar UV atau IR, hama, polusi atau debu, manusia (mishandling, vandalisme, pencurian, dan pemalsuan), api, air, dan disosiasi data lukisan.

Faktor-faktor di atas akan memiliki dampak yang lebih besar pada lukisan yang sudah menua, apalagi lukisan dengan kanvas organik. "Sama seperti manusia, semakin tua kulit kita semakin keriput. Cat dalam lukisan juga saat menua akan retak, atau mengelupas," jelas Mahendra. Celah-celah dari retakan cat itulah yang juga akan membuat restorasi menjadi lebih sulit.

Baca juga:

Galeri Nasional Indonesia Resmi Dibuka dengan Prosedur Baru

Para pembicara di webinar juga menekankan konservasi preventif lebih baik daripada restorasi. Galeri Nasional Indonesia sendiri lebih banyak melakukan perawatan preventif bahkan selama pandemi. "Kontrol, kontrol, dan kontrol intinya," tekan Pustanto, Kepala Galeri Nasional Indonesia. Sebisa mungkin, jika sebuah lukisan tidak memiliki kerusakan yang fatal, mereka tidak akan menyentuhnya untuk menjaga otentitasnya.

Lalu, apa saja tips bagi para kolektor lukisan di rumah untuk menjaga lukisannya? Iwa Akhmad Surnawi, Konservator Galeri Nasional Indonesia memberikan tiga tips utama.

Empat dari delapan faktor utama yang merusak lukisan. (Foto: Galeri Nasional Indonesia)

"Pertama, pastikan koleksi lukisan sudah tercatat dengan baik dengan baik dan benar, seperti data fisik, kondisi, dan dokumen penyerta. Kedua, pastikan koleksi lukisan ditempatkan pada tempat yang baik. Ketiga, pastikan koleksi lukisan dicek secara rutin," ucap Surnawi.

Surnawi juga menekankan cara mengatasi lukisan seperti menggunakan trolley untuk memindahkan lukisan yang besar, dan jika lukisan tidak atau belum dipajang, jangan sampai lukisan-lukisan tersebut ditumpuk. "Maksimalnya tempatkan lukisan di tempat ber-AC, pasang pembersih udara untuk menghindari polutan, juga penyaring cahaya UV untuk menghindari lukisan rusak karena matahari," tambahnya.

Penting untuk menghandle lukisan dengan baik dan benar. (Foto: Galeri Nasional Indonesia)

Lukisan itu indah, cenderung mahal, banyak faktor yang bisa bikin rusak, dan tidak gampang untuk merawatnya. Jika merasa lukisan butuh restorasi, para pembicara webinar menekankan bahwa orang-orang yang tidak memiliki ilmu konservasi tidak disarankan untuk melakukan restorasi lukisan sendiri. "Ilmu konservasi merupakan keahlian bukan keterampilan," kata Mahendra.

Jika memiliki lukisan di rumah dan memiliki masalah hama misalkan, lebih baik memanggil jasa pest control seperti Integrated Pest Management (IPM).

Cara yang paling baik untuk merawat koleksi lukisan adalah dengan menyayanginya. Galeri Nasional Indonesia membagi quotes penting dari Cessare Brandi, seorang kritikus seni dan sejarawan. Quote tersebut berbnyi 'kualitas dan modalitas dari intervensi restorasi akan sangat terkait dengan ada tidaknya pengakuan terhadap seni'.

Intinya, kualitas dari apa yang dilakukan oleh seseorang konservator dipengaruhi oleh bagaimana seseorang konservator menganggap penting suatu karya. "Kalau anggap penting, tentunya dia akan berhati-hati," tutup Mahendra. (lev)

Baca juga:

Sotheby's Bakal Lelang Lukisan Potret Kekasih Pablo Picasso

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cara Selebritis Dunia Menghibur Penggemar di Tengah Wabah Corona
Fun
Cara Selebritis Dunia Menghibur Penggemar di Tengah Wabah Corona

berikut beberapa selebriti yang turut memberikan hiburan di tengah pandemik virus corona.

Intip 5 Mobil yang akan Beraksi di ‘No Time to Die’
Fun
Intip 5 Mobil yang akan Beraksi di ‘No Time to Die’

Lima mobil dalam film 'No Time to Die' akan meramaikan setiap aksi James Bond.

Sekali Lagi, Waspadai Konsumsi Garam dan Gula
Fun
Sekali Lagi, Waspadai Konsumsi Garam dan Gula

Jagalah asupan garam dan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Ketahui 5 Manfaat Shea Butter Bagi Kulit!
Home Lifestyle
Ketahui 5 Manfaat Shea Butter Bagi Kulit!

Bahkan dipercaya bisa mengatasi beberapa gangguan pada kulit.

Snoop Dogg Luncurkan Wine Snoop Cali Red
ShowBiz
Snoop Dogg Luncurkan Wine Snoop Cali Red

Snoop Dogg hadir dengan cita rasa pada wine.

Terbuat dari Alga, Kain Baju ini Bisa Menyerap Emisi Karbon
Fashion
Terbuat dari Alga, Kain Baju ini Bisa Menyerap Emisi Karbon

Juga disebut sebagai kain yang 'hidup'.

Ini 3 Tips Membuat Kacamatamu Anti Berembun Ketika Pakai Masker
Fun
Ini 3 Tips Membuat Kacamatamu Anti Berembun Ketika Pakai Masker

Ada juga trik yang biasa digunakan para dokter

Sudah Aman Kembali ke Salon?
Fun
Sudah Aman Kembali ke Salon?

Nyalon di masa transisi PSBB aman tidak ya?

BCL Batal Meriahkan Love Fest 2020, Siapa Penggantinya?
ShowBiz
BCL Batal Meriahkan Love Fest 2020, Siapa Penggantinya?

BCL tak bisa mengisi acara Love Fest 2020 yang diadakan di Istora Senayan, Jakarta tanggal 21-22 Februari

Kabar Gembira! Kini Pengguna Instagram Bisa Akses DM Lewat Web
Fun
Kabar Gembira! Kini Pengguna Instagram Bisa Akses DM Lewat Web

Tidak perlu melalui aplikasi untuk menggunakan fitur direct message.