Mengobati Kerinduan pada Bali Melalui Nasi Tampah ala JSI Jeep Station Indonesia Resort. (Foto: Dok JSI)

AYAM Betutu menjadi salah satu kuliner khas Bali paling dicari turis. Berasal dari Gianyar, ayam kaya rempah ini memiliki keunikan pada teknik memasaknya. Adalah Ni Wayan Tempeh yang memelopori cara memasaknya.

Bagian perut ayam dimasukkan bumbu dalam jumlah banyak. Kemudian dibakar menggunakan api sekam. Sebelum proses pembakaran dimulai, bungkusan ayam ditanam di dalam lubang di tanah. Lalu ditutup dengan bara api.

Ni Wayan Tempeh memerlukan waktu berjam-jam agar ayam empuk, gurih, dan aroma bakarnya wangi. Di Bali, bukan hanya Ni Wayan Tempeh yang memproduksi ayam Betutu. Pun dengan teknik memasaknya. Tidak melulu harus dibakar.

Selain dibakar, ada pula ayam Betutu rebus. Cita rasa pedas dengan rasa rempah tajam pada setiap suapan menjadi keistimewaan ayam Betutu rebus. Untuk mendapatkan citara rasa seperti itu, proses perebusannya tidak sembarangan.

Ayam harus direndam, lalu direbus dalam waktu lama agar bumbu meresap. Keistimewaan lain ayam Betutu rebus terletak pada tekstur daging ayamnya yang lembut. Cara memakannya pun ada teknik khusus. Ayam dimakan bersama nasi sembari menyeruput kuahnya.

Di Bali, ayam Betutu biasanya disuguhkan bersama daun gonde rebus dan sambal terasi. Daun gonde berasal dari Tabanan, Bali. Jika tidak ada, pedagang kadang menggantinya dengan kangkung.

Tergelitik menyuguhkan cita rasa Bali dalam Nasi Tampah buatannya, Jeep Station Indonesia Resort (JSI) pun memasukkan menu ayam Betutu ke dalam paket Nasi Tampah.

Pilihannya bisa disantap bersama nasi putih, kuning, hijau atau tutug oncom. Jika makan berempat, kamu bisa mendapatkan semua nasi tersebut dalam satu paket. Sesuai namanya, Nasi Tampah adalah nasi dan lauk pauk yang disajikan dalam nampan.

Nasi Tampah
Penawaran Paket Nasi Tampah dari JSI Resort. (Foto: Facebook)

Paket Nasi Tampah menggabungkan kuliner khas Jawa Barat, Bali, Jawa dan Manado. Terlihat dari lauk pauknya yang terdiri dari sambal lalap, ayam Betutu, tumis bunga pepaya, urap, perkedel, dan ayam serundeng.

Rasa pedas ayam Betutu pada paket Nasi Tampah membuat rasanya lebih lezat. Dan, tentu saja mengundang selera makan. Kuliner khas Bali ini juga cocok bila disantap dengan lalap khas Sunda.

Meski cita rasa rempahnya kuat, ayam Betutu tetap sedap ketika dimakan bersama nasi tutug oncom. Aroma kencur dan bawang putih yang kuat pada nasi tutug oncom tidak bakal bertabrakan dengan wangi rempah pada ayam Betutu.

Apalagi ada perkedel yang rasanya lebih netral. Paket Nasi Tampah ini lebih nikmat jika disantap secara bancakan, bersama keluarga, teman atau kolega. Ditambah cuacanya yang mendukung, sejuk, nafsu makan kamu dijamin meningkat begitu melihat sajian Nasi Tampah dari JSI.

Satu paket Nasi Tampah dibanderol Rp85 ribu, sudah termasuk menu takjil dan minum. Paket ini hanya ada selama Ramadan hingga 30 Juli mendatang. Jadi, pastikan kamu pergi ke sana sebelum 30 Juli ya. (Rin)

Kredit : rina


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH