Mengirim Barang akan Semakin Mudah dengan Jasa Pengiriman Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 07 Maret 2019
Mengirim Barang akan Semakin Mudah dengan Jasa Pengiriman Ini
Eric Saputra saat sesi interview (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

JASA pengiriman barang memiliki peran penting bagi pebisnis UKM maupun platform e-commerce. Dengan adanya jasa pengiriman produk penjual dapat memberikan layanan tambah kepada pelanggannya. Terlebih jika jasa pengiriman barang tersebut sudah berbasis teknologi. Transaksi pengiriman barang akan semakin mudah.

Ninja Xpress menjawab kebutuhan tersebut. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa pengiriman berbasis teknologi. Contohnya saja dengan menggunakan Ninja Xpress pengirim atau penerima dapat melacak proses pengiriman barang secara real time.

Ninja Xpress sendiri sudah melakukan ekspansi bisnis di enam negara Asia Tenggara. Di antaranya ialah Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, FIlipina, dan Myanmar. Untuk di Indonesia sendiri perusahaan ini sudah berdiri sejak 2015 silam. Perusahaan e-commerce besar Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak juga sudah menjadi mitra perusahaan ini.

1. Memiliki misi untuk mendukung UKM

80% pengguna Ninja Xpress ialah UKM (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Misi utama Ninja Xpress ialah untuk mendukung shipper yang bergelut di bisnis UKM. "80% pengguna Ninja Xpress itu UKM. 20% nya corporate," ujar Country Head Ninja Xpress Indonesia, Eric Saputra dalam sesi wawancara eksklusif dengan awak media di Mal Pacific Place, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).

Menurut Eric, pelaku UKM akan mendapatkan keuntungan jika menggunakan Ninja Xpress. Salah satunya ialah pelaku UKM bisa melihat data transaksi pengiriman melalui dashboard. Di situ nantinya, data transaksi pengiriman yang sudah dilakukan dapat terlihat. "Jadi daftar langsung saja ke kita. Nanti pengguna bisa masuk ke dashboard," tambah Eric.

2. Menawarkan opsi Cash On Delivery (COD) untuk wilayah yang enggak terjangkau bank

COD akan dilakukan oleh kurir (Foto: Pixabay/mohemed_hassan)

Cara melakukan pembayaran melalui COD banyak digunakan pelanggan toko daring. Sehingga barang bisa dilihat dulu. Apakah asli dan bagus sebelum membayar barang tersebut.

Karenanya, Ninja Xpress juga memberikan opsi seperti itu. Terutama bagi shopper dan seller yang menetap di wilayah enggak terjangkau bank.

Cara kerja COD yang perusahaan ini bukan penjual yang bertemu dengan pembeli. Tapi transaksi COD akan dilakukan melalui kurir Ninja Xpress. Nantinya kurir akan bertemu dengan pembeli.

Saat proses transaksi, pembeli bisa melihat-lihat barangnya terlebih dulu. "Saat COD transaksi pembelian bisa dibatalkan. Tapi nanti berpengaruhnya ke platform e-commercenya atau UKM," tutur Eric.

3. Memberikan layanan Ninja Packs untuk menghemat biaya pengiriman

Biaya pengiriman akan flat jika menggunakan Ninja Packs (Foto: Pixabay/LillyCantabile)

Perusahaan ini membantu banget bagi kamu yang memiliki usaha UKM. Ada satu fitur yang diberikan perusahaan ini berupa Ninja Packs. Sebuah kemasan untuk membungkus barang yang ingin dikirim. Kapasitas Ninja Packs ini sabanyak 3kg. "Jadi Ninja Packs ini bisa memudahkan terutama UKM Fesyen," paparnya.

Mulai April nanti platform Ninja Packs dapat digunakan dan bisa dipesan dalam jumlah banyak. Menariknya, jika menggunakan Ninja Packs biaya pengiriman akan tetap, ke manapun tujuannya. Khusus untuk antar kota biayanya Rp.19 ribu. Sementara untuk antar kota hanya Rp 9 ribu. (ikh)

Baca juga: Ibarat Superhero, CCTV pun Dapat Amankan Kota

Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan