Otomotif

Mengintip Spesifikasi Mobil Pengawal Presidensi G20

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 20 Oktober 2022
Mengintip Spesifikasi Mobil Pengawal Presidensi G20
BMW 330e M Sport milik Korlantas Polri. (Foto: BMW Group Indonesia)

BMW Indonesia dan Korlantas Polri melalui Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Polda Metro Jaya, meresmikan BMW 330e MSport sebagai kendaraan resmi pengawalan Presidensi G20 Indonesia. Performa mumpuni jelas jadi syarat mutlak mobil pengawal keamanan helatan kelas dunia.

"BMW Indonesia bangga dapat menjadi Sustainable Mobility Partner untuk Korlantas Polri dan turut menyukseskan acara dengan skala internasional dan membuka kolaborasi yang baik dengan Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta Polda Metro Jaya," kata Vice President of Customer Support BMW Group Indonesia Ariefin Makaminan, seperti dikutip Antara, Rabu (19/1).

Dalam kesempatan itu, satu unit BMW 330e M Sport diserahkan oleh BMW Indonesia kepada Kapolresta Bandar Udara Soekarno-Hatta Kombes Pol. Sigit Dany Setiyono. Mobil itu rencananya akan digunakan selama gelaran G20 pada Oktober hingga November 2022 mendatang.

Baca juga:

BMW M2 2023 Dirilis, Lebih Ganas dari Pendahulunya

BMW 330e M Sport tampak gagah namun ramah lingkungan. (Foto: BMW)

"BMW 330e M Sport ini hadir dengan desain spesial, disesuaikan dengan identitas khas Korlantas Polri dengan aksen Go Green, menekankan bahwa ini adalah kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)," tambah Ariefin.

Ariefin juga menjelaskan bahwa hadirnya mobil itu sebagai langkah BMW mendukung perhelatan G20 Indonesia, sekaligus mendukung perkembangan kendaraan listrik dan ekosistemnya di Indonesia. Hal itu tentunya juga sejalan dengan semangat G20 yang mengedepankan konsep ramah lingkungan.

Mobil itu ramah lingkungan dengan teknologi hibrida. Masih ada mesin empat silinder segaris dengan turbo berkapasitas 2.000 cc yang terbaring di bawah kap mesinnya. Namun, terdapat motor listrik berjenis AC Synchronous Permanent Magnet dan baterai lithium-ion berkapasitas 12,0 kWh yang membantu kinerja mesin.

Baca juga:

BMW Bikin Layar Infotainment Mobilnya Bisa Dipakai Bermain Game

Mesin mumpuni jadi syarat mobil pengawal gelaran kelas dunia. (Foto: BMW)

Mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik itu kemudian dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Tak mengherankan bila kombinasi ciamik itu mampu menyemburkan tenaga maksimum hingga 252 dk dan torsi puncak mencapai 420 Nm.

Mobil itu mampu menempuh jarak sejauh 51 hingga 59 kilometer, tergantung cara berkendaranya, bila hanya mengandalkan tenaga listriknya saja. BMW 330e M Sport juga sudah menjadi Safety Car di gelaran MotoGP Mandalika. (waf)

Baca juga:

Mengintip SUV Baru BMW XM, Si Tubuh Kekar Bertenaga Besar

#Teknologi #Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan