Mengintip Pesona Tirta Empul di Bali

Rina GarminaRina Garmina - Rabu, 28 Juni 2017
Mengintip Pesona Tirta Empul di Bali
Tirta Empul merupakan objek wisata menarik di Gianyar, Bali. (Foto: Instagram/@putrasuryawan7)

Mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, baru saja mengunjungi Tirta Empul di Bali. Ya, objek wisata yang masuk menjadi bagian dari Desa Tampaksiring, Kabupaten Gianyar itu memang masuk dalam agenda liburan Obama dan keluarga pada Juni 2017.

Sebenarnya, apa saja daya tarik Tirta Empul yang membuat objek wisata itu sampai masuk ke dalam agenda liburan Obama?

Tirta Empul memiliki panorama alam yang indah. Lingkungan sekitar yang hijau merupakan tempat yang cocok untuk mengusir stres. Di sana juga terdapat pura lengkap dengan pancuran yang biasa menjadi tempat prosesi ritual penyucian diri atau melukad. Saat Obama berkunjung ke sana, presiden Amerika Serikat ke-44 itu juga sempat menyaksikan ritual penyucian diri.

Kawasan suci Tirta Empul yang berjarak sekira 65 kilometer dari timur Denpasar memiliki 30 pancuran yang airnya mengalir jernih dan selalu lancar. Aliran air di sana bermuara ke Sungai Pekerisan. Selain digunakan untuk mengairi pancuran, aliran air yang melalui Tirta Empul juga berguna untuk mengairi ribuan hektare lahan persawahan yang berhilir di Pantai Lebih dan Pantai Keramas, Kabupaten Gianyar.

Tirta Empul selalu menjadi primadona. Letaknya yang berada pada jalur wisata Denpasar-Kintamani menjadikannya mudah dicapai turis. Selain itu, objek wisata uni juga bersebelahan dengan Istana Tampaksiring sehingga cukup dengan mendatangi satu lokasi, turis bisa berkunjung ke dua objek wisata.

Pesona Tirta Empul tak hanya menarik perhatian turis lokal. Turis asing yang berasal dari Tiongkok, Eropa dan Australia pun banyak yang berkunjung ke sana.

Ingin tahu penampilan Obama saat mengunjungi Tirta Empul? Cari tahu jawabannya pada artikel Berkaus Putih Dan Kacamata Hitam, Obama Kunjungi Pura Tirta Empul.

#Pura Tirta Empul #Wisata Bali
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan