Mengintip Perayaan 90 Tahun Scuderia Ferrari di Museum Ferrari Deretan Ferrari dari berbagai genrasi hadir di Museum Ferrari (Foto: Ferrari Indonesia)

SCUDERIA Ferrari yang merupakan tim paling sukses dalam sejarah formula 1, genap berusia ke-90 pada tahun ini. Momen penting itu pun membuat musem Ferrari di Maranello memutuskan untuk merayakannya dengan pameran besar-besaran.

Musem Ferrari sendiri, didirikan di Modena pada tanggal 16 November 1929 oleh Enzo Ferrari, yang memahami potensi pengemudi untuk merajai jalanan.

Banyak sejarah dan kisah tak terlupakan Ferrari di dunia motorsport (Foto: Ferrari Indonesia)

Scuderia Ferrari sendiri telah mencetak kisah-kisah yang tak terlupakan dalam dunia motorsport. Tim ini dimulai dengan menggunakan Alfa Romeo yang dikenal dengan nama Societa Anonima Scuderia Ferrari, lantas tim itu pun terkenal di kancah Italia dan dunia.

Setelah itu, mereka pun mempercayakan mobil-mobilnya pada pembalap terkemuka dizamannya pada semua kategori. Dari mulai Molle Miglia (1930), Targa Florio, Trieste-Opicina hillclimb, dan tentu saja Formula 1.

Mobil Alfa Romeo 8C 2300 Spider (Foto: Ferrari Indonesia)

Mobil-mobil yang ditampilkan pada pameran 90 tahun merupakan bukti masa kejayaan tersebut. Dimulai dari Alfa Romeo 8C 2300 Spider, mobil pertama yang memakai emblem kuda Jingkrak di Le Mans tahun 1932.

Serta Mobil terakhir yaitu SF71H, dengan kursi tunggal dimana Sebastian Vettel dan Kimi Raikonnen membalap di musim kemarin.

FErrari SF17H yang digunakan Sebastian Vettel dan Kimi Raikonnen (Foto: Ferrari Indonesia)

Pada pameran tersebut, lini masa yang memisahkan 2 mobil itu diisi dengan sederatan mobil jok tunggal yang sangat mengesankan. Serta adapula pada bintang yang bekerja keras baik kekalahan maupun kemenangan bersejarah di masa lalu yaitu Ferrari 500 F2. Saat Alberto Ascari memenangkan 2 gelar di tahun 1952 dan 1953.

Selain itu pada pameran tersebut terdapat juga 1975 312 T dengan gearbox revolusioner yang membantu Niki Lauda memenangkan gelar Juara Dunia Pertamanya. Serta 312 T4, dimana Jody Schecker meraih gelar Drivers tahun 1979. Serta yang terdapat pula Ferrari F2004 yang mengantarkan Michael Schumacer menang sebanyak 13 kali, termasuk gelar Juara Dunia.

Perayaan 90 Scuderia Ferrari (Foto: Ferrari Indonesia)

Ada juga F2007, yang membawa pembalap Kimi Raikonnen merebut gelar Drivers kembali ke Maranello usai balap epik di Brazi. Dia menang dengan selisih 1 poin.

Baca juga: Puluhan Ferrari Portofino Kunjungi Istana Tersembunyi Di Tengah Hutan, Ada Apa?

Sederet mobil-mobil tersebut merangkum dan melambangkan mimpi-mimpi Enzo Ferrari, komitmen, keteguhan dan hasrat inovasi dari tim tersukses sedunia dalam sejarah formula 1. yang berupaya menghormati setiap musim dengan hasrat yang sama dengan 90 tahun yang lalu.

Eksterior perayaan Ferrari Scuderia ke-90 tahun (Foto: Ferrari Indonesia)

Gelaran itu juga merupakan apresiasi terhadap kemenangan Ferrari dalam kejuaraan balap 166 MM, dalam pagelaran tersebut. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH