Mengintip  Peluang Bisnis Ikan Hias Pari Tawar Peternakan pari tawar

MerahPutih Keuangan - Peluang usaha ikan hias pari tawar terbilang potensial. Selain karena peternaknya yang masih jarang, penjualan per ekor ikan berbentuk pipih ini pun tergolong mahal.

Penjualan pari tawar sejauh ini masih dilakukan melalui online. Di Lapak-lapak pedagang ikan hias masih jarang ditemui ikan unik ini.

Dalam bahasa Inggris, pari tawar disebut freshwater stingray. Ikan ini berasal dari habitat di perairan sungai Amazone. Banyak ditemui di perairan Brazil dan Kolombia. Namun belakangan, dunia ikan hias mulai mengembangbiakkannya di berbagai negara.

Ada dua jenis pari tawar hias di pasaran, yakni leopoldi dan motoro. Jenis leopoldi tergolong paling disukai penghobi. Motif dan kecerahan warnanya menjadi daya tarik. Harganya juga tergolong sangat mahal. Per ekor jenis leopoldi mencapai Rp2 juta.

Sementara jenis motoro merupakan jenis paling banyak dijual di pasaran ikan hias di Indonesia. Harganya relatif murah dibandingkan jenis leopoldi. Per ekornya hanya Rp650.000.

Yanuar Santoso Thio, peternak pari tawar mengaku peluang usaha pari tawar cukup menjanjikan. Alasannya, selain karena mudahnya pemeliharaan dan pengembangbiakannya, harga jualnya pun masih terbilang tinggi. Tentu omzet selangit pun akan diraup.

Pria yang akrab disapa Yan ini mengungkapkan awal menggeluti usaha ini hanya dengan bermodalkan 7 ekor pari tawar. Dari ke-7 ekor tersebut berkembangbiak hingga mencapai puluhan ekor pada tahun 2013 lalu. Bahkan, ia telah beberapa kali melakukan penjualan partai besar. "Pernah sekali jual partai besar dengan omzet Rp9 jutaan," kata Yanuar kepada merahputih.com, di lapak pembudidayaan pari tawarnya, Kelurahan Kasepuhan, Cirebon, baru-baru ini.

Yanuar mengaku optimis peluang bisnisnya akan terus berkembang. Pasalnya, kedepannya pecinta ikan pari ini akan semakin banyak. "Inginnya, kedepannya nih, punya puluhan pasang indukan. Biar terus bisa meladeni pembeli," paparnya. (Fre)

BACA JUGA:

  1. SMP N 3 Rangkasbitung Lestarikan Budaya Bangsa
  2. Martabak Buble Didirikan 5 Mahasiswa Yogyakarta
  3. Sahabat Djarot: Masa Pejabat yang Dijadikan Panutan Itu-Itu Saja
  4. Tiada Henti Promosikan Abon Ikan Cakalang Khas Manado
  5. Kuliner Abon Ikan Cakalang Khas Manado

 



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH