Mengintip Kisah Sukses Entrepreneur Ternama di Scale Up Asia 2018 Scale Up Asia 2018 diselenggarakan untuk menginspirasi pengusaha muda (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

PERTUMBUHAN Entrepreneur di Indonesia bisa dibilang hanya sedikit mengalami kenaikan. Berdasarkan data Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada Juli 2017 lalu, kenaikan hanya 1,6%-1,8% dari populasi penduduk Indonesia.

Endeavour Indonesia sebuah komunitas yang fokus pada pertumbuhan ekosistem entrepreneur kembali menyelenggarakan acara tahunan Scale Up Asia 2018. Acara ini dihelat di Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu (28/3). Mengusung tema "50 Shades of Scale Up", acara ini membagikan kisah inspiratif para founder atau pengusaha melalui sebuah talkshow.

"Setiap tahun kami bertemu 200-300 company, dan mereka memiliki passion sendiri. Kami ingin menunjukkan sukses itu seperti apa," ungkap Sati Rasuanto, Managing Director Endeavor Indonesia.

Endeavor Indonesia memang memiliki misi meciptakan ekosistem wirausaha yang dinamis. Untuk itu penting adanya role model sebagai faktor penting kemajuan setiap pengusaha.

Saat Talkshow oleh Ahmad Zaky (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

"Demi menciptakan ekosistem wirausaha yang dinamis, adanya role model yang menginspirasi merupakan faktor penting, selain dua faktor lain seperti akses pada mentor dan permodalan," papar Harun Hajadi, Chairman Endeavor Indonesia.

Di samping itu, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) turut mendukung acara tersebut untuk semakin mengembangkan pengusaha kreatif. Sebab berbagai tantangan masih perlu dihadapi oleh para pengusaha Indonesia, terutama pengusaha muda.

Para pengunjang antusias memenuhi ruangan talkshow (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Tantangan tersebut semisal sulitnya mengakses permodalan, rendahnya kepercayaan investor, keterbatasan manajemen berkualitas, dan masih banyak lagi. Melalui berbagai talkshow dalam Scale UP Asia 2018, Bekraf berharap para pengusaha dapat menemukan solusi dalam menjalankan bisnis mereka agar lebih baik lagi.

"Kita tidak bisa menutup mata bahwa Entrepreneur di Indonesia, khususnya dari industri kreatif, masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengakselerasi bisnisnya. Besar harapan kami bahwa rangkaian acara Scale Up Asia 2018 dapat berkontribusi menjawab kebutuhan entrepreneur muda di Indonesia," kata Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf.

Acara ini juga didukung beberapa mitra terpercaya selain Bekraf seperti Maybank Indonesia, Grab Indonesia, Tokopedia, Acer, dan mitra lainnya. Para pembicara yang akan menginspirasi melalui kisah sukses mereka termasuk Achmad Zaky (Pendiri dan CEO Bukalapak)

Stefani Kurniadi (Vice Marketing Director CRP Group: Warunk Upnormal, Nasi Goreng Mafia, dan lainnya) dan Irzan Raditya (Pendiri dan CEO Kata.ai). Mereka bertiga sudah tergabung sebagai Endeavor Entrepreneur. (Ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH