Mengintip Calon Pengganti Sistem Android Sistem operasi terbaru Fuchsia digadang-gadang akan menggantikan eksistensi Android (foto: phonearena)

USAI memiliki andil dalam hilangnya sistem operasi seluler seperti Sistem Symbian dan BlackBerry, Google ingin memastikan jika meski Android suatu hari nanti melewati masa jayanya, dia ingin memiliki OS lain yang menggantikannya.

Jadi google telah membangun tim yang terdiri lebih dari 100 orang untuk membantu mengembangkan Fuchsia OS. Menurut Android Police, google telah meluncurkan situs untuk pengembang di Fuchsia.dev.
Kabar tersebut muncul usai lama tak terdengar lagi namanya.

Google dikabarkan telah membangun tim untuk mengembangkan Fuchsia (foto: criticalhit)

Sedikit informasi, Fuchsia merupakan sistem operasi buatan google yang digadang-gadang dapat menggantikan eksistensi Android.

Google kabarnya telah meluncurkan situs untuk developer, dalam mengembangkan aplikasi diatas ekosistem Fuchsia. Dimana hal itu akan memberikan pengaruh pertumbuhan positif dari sistem operasi Fuchsia.

Adanya situs untuk developer itu, raksasa teknologi Google, disebut akan cukup terbantu dalam menyebarkan informasi tentang Fuchsia. Lalu para pengembang pun bisa menilai seberapa bagus OS itu dan dapat mempelajari tentang seluk beluk Fuchsia

Untuk kamu yang belum mengetahui Fuchsia, sistem ini tak menggunakan kernel linux seperti pada Android. Tapi dia memakai microkernel Zircon, yang merupakan jumlah terkecil dari software dan dibutuhkan untuk menjalankan sistem operasi.

Beberapa tahun lagi, Fuchsia dikabarkan dapat menggantikan eksistensi Android (foto: latinamericanpost)

Hal tersebut membuat sistem operasi pada Pufchsia berbeda dari Android. Meski begitu, pengembang Android bisa dengan cepat memindahkan aplikasinya pada sistem Fuchsia, lewat cross-platform flutter SDK.

Seperti yang dilansir dari laman phonearena, meski Fuchsia masih baru akan muncul beberapa tahun mendatang, sistem operasi itu justru telah dapat dijalankan oleh Honor Play pada tahun lalu.

Baca juga: Kenali Dampak Buruk Penggunaan Ponsel Sebelum Tidur

Kabar itu pun sekaligus membuat Honor Play menjadi sebuah perangkat android komersial pertama, yang menguji coba menjalankan Fuchsia.

Melihat hal itu, kabar dari sistem operasi Fuchsia pun semakin menarik untuk ditunggu. Apalagi pada tahun lalu terdapat sebuah laporan yang menyebutkan, jika Fuchsia akan menggantikan sistem android yang dijalankan pada ponsel dalam waktu lima tahun kedepan. (ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH