Mengintip Bocoran Sejumlah Fitur Baru WhatsApp yang Akan Dirilis Tahun Ini WhatsApp hadirkan sejumlah fitur baru yang menarik tahun ini (Foto: pixabay/mih83)

PADA awal tahun 2020 WhatsApp menghadirkan sejumlah fitur baru sangat menarik, termasuk Dark Mode yang telah lama ditunggu-tunggu.

Namun, WhatsApp tak berhenti pada pembaruan Dark Mode saja. Sejumlah fitur menarik lainnya akan rilis juga tahun ini. Apa saja?

Baca juga:

Apple akan Merilis Sembilan iPhone Baru Tahun Ini?

Menambahkan teman di WhatsApp dengan memasukkan nama dan nomor telepon secara manual mungkin membosankan. Nah, menurut laman The Sun, nantinya untuk menambahkan teman akan jadi lebih praktis. Kamu bisa menggunakan fitur QR code.

Kabarnya WhatsApp akan hadirkan fitur menambah teman lewat QR Code (Foto: wabetainfo)

Kode Gaya Matriks dua dimensi tersebut hanya bisa dibaca oleh kamera ponsel pintar, dan telah menjadi bagian dari proses masuk WhatsApp untuk peramban web.

Untuk menambahkan teman pada aplikasi, pengguna WhatsApp lainnya harus memunculkan kode QR mereka dengan menuju ke pengaturannya. kemudian kamu pindai kode tersebut dengan membuka tab Scan Code. Setelah itu nomor telepon orang tersebut langsung ditambahkan ke kontakmu.

Jika kode QR kamu masuk ke tangan yang salah, kamu bisa mencabutnya dan mendapatkan kode yang baru beberapa kali tanpa batasan.

Menurut WABetaInfo, sebuah situs yang secara teratur menggali fitur WhatsApp jauh sebelum diluncurkan, fitur QR code masih dalam tahap awal pengembangan. Dalam berapa bulan ke depan baru akan tersedia di Android maupun iOS.

Fitur baru selanjutnya yakni Multi Device Support. Fitur ini membuat kamu bisa masuk ke WhatsApp di beberapa perangkat sekaligus.

Baca juga:

Oppo Akan Kembangkan Prosesor Buatan Sendiri

Saat ini WhastsApp hanya memungkinkan kamu masuk ke satu ponsel atau tablet sekaligus. Kamu hanya bisa masuk secara bersamaan lewat browser web jika kamu mau. Namun setelah masuk pada perangkat baru, kamu secara otomatis keluar dari perangkat lama.

Mengenai hal itu, WhatsApp diduga akan segera memungkinkan penggunanya masuk ke beberapa perangkat. Misalnya dua ponsel pintar, satu telepon pintar dan satu tablet serta lebih banyak lagi.

WhatsApp dikabarkan akan hadirkan fitur hapus pesan otomatis (Foto: the sun)

Selain dua fitur tadi, WhatsApp juga akan meluncurkan self-destructing messages. Fitur ini mungkin akan sangat membantu bagi orang-orang yang suka selingkuh.

WhatsApp tengah menguji jenis pesan baru yang secara otomatis akan terhapus sendiri. Tujuannya untuk menghentikan orang-orang yang suka kepo atau mengintip obrolan kamu.

Fitur tersebut pertama kali dihadirkan oleh Snapchat, kemudian disusul oleh instagram. Fitur penghapusan otomatis itu memungkinkan pengguna untuk menetapkan batas waktu berapa lama pesan mereka ditampilkan.

Ini akan membantu menjaga obrolan menjadi benar-benar pribadi karena percakapan kamu disembunyikan, bahkan jika seseorang mengetahui kode sandi ponselmu. WhatsApp sekarang sedang menguji versi sendiri di Android.

WAbetaInfo mencari kode versi awal WhatsApp untuk menemukan fitur yang akan datang sebelumnya. Meski kini tak tersedia untuk semua orang, WhatsApp tengah menguji fitur pada sekelompok kecil pengguna. Kemungkinannya nanti WhatsApp akan meluncurkannya secara global.

Fitur itu akan berfungsi baik dalam obrolan grup dan percakapan satu lawan satu. Kamu dilaporkan bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya, atau mengubah batas waktu sebelum penghapusan dalam pengaturanmu.

Fitur lainnya yang tak kalah keren ialah Browser dalam aplikasi WhatsApp. Kabarnya WhatsApp dilaporkan bekerja di peramban web yang berfungsi di dalam aplikasi. Peramban akan diluncurkan setiap kali kamu mengklik tautan yang dikirimkan seseorang kepadamu.

Saat ini pengguna yang mengklik tautan terpaksa membukanya di peramban ponsel mereka, seperti Safari atau Google Chrome.

Dengan menambahkan browser dalam aplikasi seperti yang ditampilkan pada aplikasi Facebook dan Instagram, akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membuka tautan.

Fitur terakhir ialah WhatsApp akan mengekspose 'pencarian gambar'. Fitur tersebut belum tersedia karena masih tengah diuji, tetapi orang-orang yang mendaftar untuk menjadi penguji beta WhatsApp, pada akhirnya mungkin mendapatkan akses ke sana.

Fitur ini bisa memungkinkan pengguna mengklik gambar yang dikirim lewat WhatsApp, dan mencari di Google untuk memverifikasi sumbernya.

Tentunya fitur ini akan sangat membantu dalam mengurangi penyebaran hoaks dan juga mempersulit orang untuk mengecek orang lain dengan menggunakan gambar yang bukan dari mereka.

WhatsApp beta untuk Android 2.19.73 dikatakan sebagai versi alat olah pesan yang sedang diuji kemampuannya untuk melakukan pencarian gambar Google langsung dari aplikasi. WhatsApp menggunakan Google Custom Search untuk memberikannya kemampuan mesin pencari. (ryn)

Baca Juga:

Facebook Uji Face ID dan Touch ID Untuk Aplikasi Messenger

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sudah Sembuh, Kura-Kura dengan Kursi Roda Lego ini Dikembalikan ke Habitatnya
Fun
Sudah Sembuh, Kura-Kura dengan Kursi Roda Lego ini Dikembalikan ke Habitatnya

Kura-kura berwarna campuran kuning oranye itu mengalami luka patah pada bagian bawah cangkangnya.

Jorja Smith Rilis Single ‘Gone’ dari Proyek Pertamanya 'Be Right Back'
ShowBiz
Jorja Smith Rilis Single ‘Gone’ dari Proyek Pertamanya 'Be Right Back'

Proyek yang sudah berjalan selama dua tahun itu merilis lagu baru berjudul Gone.

Tom Holland Tampil Lebih Dewasa di Film ‘Cherry’
ShowBiz
Tom Holland Tampil Lebih Dewasa di Film ‘Cherry’

Mengungkapkan "sisi gelap" dari sosok Tom Holland.

Starterpack Sunmori di Negeri Aing
Fun
Starterpack Sunmori di Negeri Aing

Sunmori harus tampil gaya juga.

Timothée Chalamet, Billie Eilish, Amanda Gorman, dan Naomi Osaka Pimpin Met Gala 2021
Fashion
Timothée Chalamet, Billie Eilish, Amanda Gorman, dan Naomi Osaka Pimpin Met Gala 2021

Event ini menjadi salah satu acara paling eksklusif di kalender fashion.

'How I Met Your Mother' akan Punya Sekuel
ShowBiz
'How I Met Your Mother' akan Punya Sekuel

Judulnya How I Met Your Father.

Buat Sendiri Taiwan Crispy Chicken dengan Resep Sederhana Ini
Fun
Buat Sendiri Taiwan Crispy Chicken dengan Resep Sederhana Ini

Street food asal Taiwan ini sangat populer di Indonesia.

Toto Wolff Turun Takhta, Nasib Lewis Hamilton tidak Jelas
Fun
Toto Wolff Turun Takhta, Nasib Lewis Hamilton tidak Jelas

Masa depan Lewis Hamilton di Mercedes tidak jelas.

Gaun Bunga di Film 'Midsommar' Laku Dilelang Seharga Rp 965 Juta
Fun
Gaun Bunga di Film 'Midsommar' Laku Dilelang Seharga Rp 965 Juta

Hasil lelang akan didonasikan untuk lembaga komunitas yang terdampak oleh pandemi Corona.

Membangun Bisnis Digital Antigagal Bagi Milenial
Fun
Membangun Bisnis Digital Antigagal Bagi Milenial

Bisnis online semakin menunjukan progresnya.