Mengintip Apartemen Miring Unik Asal Brasil Apartemen miring di brasil terlihat sangat unik namun sedikit 'mengerikan'(Foto: odditycentral)

KOTA Santos di Brasil terkenal sebagai tempat kelahiran Pele, salah satu pemain sepak bola terhebat yang pernah ada. Namun, rupanya tak hanya m njadi tempat kelahiran pele, kota Santos juga dikenal dengan sebuah bangunan unik di tepi laut yang terlihat agak miring.

Bangunan miring tersebut merupakan sebuah apartemen di Santos yang telah ada selama beberapa dekade. Meski masalahnya semakin parah dari waktu ke waktu, sejauh ini pihak berwenang memilih untuk tidak campur tangan, dan mengklaim bahwa bangunan itu sangat aman.

Baca Juga:

Mengenal Keunikan Piramida Energi Bosnia

Kompleks apartemen tersebut terdiri dari 651 bangunan, yang semuanya agak miring, beberapa hanya sekitar 5 cm kemiringan, yang dianggap sebagai cacat kontruksi. Sementara yang lainnya hampir 2 meter, yang membuatnya tampak miring.

Banyak apartemen miring di Santos, Brasil (Foto: facebook/thats interesting)

Namun masalahnya tidak hanya estetika, beberapa apertemen juga memiliki jendela dan pintu yang tidak bisa ditutup dengan baik, serta yang memiliki masalah pipa ledeng.

Ada pula laporan tentang penduduk yang mengalami masalah kehilangan keseimbangan di permukaan tanah, karena menghabiskan terlalu banyak waktu di apartemen miring mereka.

Bila melihat ke tahun 1950-an dan 1960-an, sebagian besar gedung apartemen tinggi yang membentuk cakrawala tepi laut Santos di bangun, pengembang memilih metode konstruksi termurah daripada yang paling aman.

Untuk pondasi bangunan biasanya menelan biaya 15 hingga 20 persen dari total biaya bangunan, jadi para pengembang memutuskan untuk menggunakan bantalan beton, yang juga dikenal sebagai pondasi dangkal. Karena hanya turun beberapa meter ke tanah, yang pada dasarnya berdiri di atas hamparan pasir dan tanah liat yang lembut.

Pondasi colossi beton ini dibangun di atas lapisan pasir setebal 7 meter, yang berada di atas hamparan tanah liat yang dilapisi oleh air.

Seiring waktu, berat bangunan perlahan-lahan menyebabkan air keluar dari tanah liat sehingga sebagian sudut atau seluruh sisinya semakin dalam, itulah yang menyebabkan tampilan miring. Mungkin tak bisa terlihat jelas dengan mata telanjang saat awal mula terjadi, tetapi bangunan terus tenggelam dan semakin miring setiap tahun.

"Dulu, pondasi dalam menghabiskan sekitar 15 hingga 20 persen dari biaya konstruksi. Biaya sistem bantalan hanya sekitar 8 persen. Jadi mereka memilih metode konstruksi ini berdasarkan biaya," jelas insinyur sipil dan Profesor Orlando Damin mengatakan kepada Sydney Morning Herald, seperti yang dikutip dari laman odditycentral.

"Singkatnya, itu keserakahan. Keserakahan oleh perusahaan konstruksi dan pembeli yang ingin memiliki gaya hidup tepi pantai dengan harga lebih rendah," tambahnya.

Baca Juga:

Pohon Ribuan Tahun Ini Jadi Wisata Favorit di Tiongkok

Sebagian besar orang yang memberi otorisasi pembangunan sudah pensiun sekarang, dan mereka mungkin tidak akan pernah menjawab kesalahan mereka.

Tetapi, bagi orang yang membeli rumah di gedung ini, semuanya berbeda. Mereka harus hidup dengan pengaruh ketidakrataan apartemen. Beberapa memiliki furnitur atau jendela yang tidak dapat dibuka dan ditutup dengan benar, yang lain kehilangan panel jendela pada satu titik, dan beberapa mengalami kehilangan keseimbangan dan labirinitis jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu di rumah.

"Ini gila. Saya melakukan inspeksi minggu lalu sebuah apartemen dalam kondisi aslinya, tidak pernah dimodifikasi. Saat kamu berjalan terus dan tiba-tiba kamu merasa turun. efeknya memang kecil, tapi kamu merasakannya. Pintu lemari sudah tidak terbuka lagi," jelas Profesor Orlando Damin

Selama tujuh dekade terakhir, hanya dua bangunan yang kemiringannya diperbaiki dengan bantuan hidrolik. Mereka telah diperkuat juga dan sekarang lurus sempurna. Namun, prosesnya sangat mahal dan rumit, sehingga pemerintah daerah hanya menggunakannya jika bangunan menjadi miring dan berbahaya. (Ryn)

Baca Juga:

Heboh! Kota Kecil ini Menyalakan Pohon Natal Terbesar Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Fenomena 'Lingkaran Peri' nan Misterius di Namibia
Hiburan & Gaya Hidup
Fenomena 'Lingkaran Peri' nan Misterius di Namibia

Tak ada yang benar-benar tahu bagaimana 'lingkaran peri' yang menghiasi Gurun Pesisir Namibia muncul.

Peringati 100 Tahun, Gucci Gelar Pameran di Gucci Garden
Fashion
Peringati 100 Tahun, Gucci Gelar Pameran di Gucci Garden

Gucci akan menampilkan kembali koleksi yang tren pada masanya.

Bentuk 'Semangat' yang Tak Boleh Dikatakan Saat Sedih
Fun
Bentuk 'Semangat' yang Tak Boleh Dikatakan Saat Sedih

ada sejumlah semangat yang tak boleh dikatakan pada teman atau sahabat yang sedang bercerita tentang masalahnya.

Efek Vaksin dan Masker Terhadap Varian Baru COVID-19
Fun
Efek Vaksin dan Masker Terhadap Varian Baru COVID-19

Varian ini pertama kali ditemukan di negara Inggris beberapa waktu lalu.

Inggris Adakan Konser yang Terapkan Social Distancing
ShowBiz
Inggris Adakan Konser yang Terapkan Social Distancing

Ketika penonton hendak masuk ke venue, mereka akan diarahkan ke tempat seperti kandang domba

Netizen Minta Produksi K-Drama 'Snowdrop' Dihentikan, Ada Apa?
ShowBiz
Netizen Minta Produksi K-Drama 'Snowdrop' Dihentikan, Ada Apa?

Warganet meluncurkan gerakan di berbagai komunitas daring untuk memboikot drama Snowdrop.

Menelusur Rekam Jejak Mendiang Jane Shalimar
Hiburan & Gaya Hidup
Menelusur Rekam Jejak Mendiang Jane Shalimar

Mengenal lebih jauh mendiang Jane Shalimar, politikus sekaligus aktris yang meninggal dunia pada Minggu (4/7)

ASAP Rocky: Rihanna Adalah ‘Love of My Life’
ShowBiz
ASAP Rocky: Rihanna Adalah ‘Love of My Life’

Rapper asal New York tersebut mengakui tergila-gila dengan penyanyi berusia 33 tahun itu.

MADE IN NEGERI AING
Hiburan & Gaya Hidup
MADE IN NEGERI AING

Masyarakat Indonesia tak lagi menyembah produk luar negeri, karena merek lokal kualitasnya semakin baik, semakin personal buat konsumen, kesadaran konsumen semakin bertumbuh, dan terpenting ekosistem lokal menguat di berbagai daerah.

Ampuhkah Unggahan Kemesraan Jadi Syarat Permintaan Maaf Akibat Micro Cheating?
Hiburan & Gaya Hidup
Ampuhkah Unggahan Kemesraan Jadi Syarat Permintaan Maaf Akibat Micro Cheating?

micro cheating atau selingkuh kecil sebagai tindakan ketidakjujuran pasangan di dunia maya