Mengintip Angkutan Umum Lawas di Indonesia Classic N Unique Bus 2019 Mitsubishi Colt 100PS. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)

SEIRING berkembangnya zaman, beberapa moda transportasi juga ikut berubah. Kini kita akan sulit bahkan tidak menemukan kendaraan jadul seperti bemo atau becak berseliweran di tengah Kota Jakarta. Mereka telah tergantikan oleh kendaraan yang lebih modern.

Nah, bagi kamu yang rindu dengan armada angkutan umum lawas terdapat pameran Indonesia Classic N Unique Bus 2019 yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran. Acara ini sudah dimulai pada tanggal 20 Maret dan berakhir 22 Maret ini.

Dirangkum dari Antaranews.com, berikut ini transportasi umum lawas yang dapat kamu lihat di Indonesia Classic N Unique Bus 2019.

1. Mitsubishi Fuso MR 400

Mitsubishi Fuso MR 400. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)
Mitsubishi Fuso MR 400. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)

Pernah nonton film-film lawas tahun 70an? Jika iya, mungkin di dalamnya kamu akan menemukan kendaraan bus Mitsubishi Fuso MR 400. Bus jenis sama sekali tidak terlihat di jalan. Perusahaan angkutan asal Kutoarjo, Jawa Tengah, PO Sumber Alam menjadi salah satu pemilik bus jadul tersebut.

2. Mercedes-Benz OF-1113 Superior Coach

Mercedes-Benz OF-1113 Superior Coach tahun 1971. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)
Mercedes-Benz OF-1113 Superior Coach tahun 1971. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)

Bus ini sempat menjadi primadona bagi pengguna angkutan umum Jakarta. Karena bentuknya, bus yang dioperasikan oleh Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) itu sering dijuluki bus roti tawar. Oh iya, bagi yang belum tahu, meski pantas di museumkan, bus ini masih digunakan PPD untuk unit storing atau derek bagi bus reguler yang mengalami masalah.

3. Mitsubishi Fuso Colt PS100

Mitsubishi Colt 100PS. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)
Mitsubishi Colt 100PS. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)

Dari tampilan depan bus ini terlihat seperti truk ya? Mitsubishi Fuso Colt PS100 lebih dikenal sebagai Powis dengan badan yang terbuat dari kayu. Saat ini bus powis dilestarikan oleh PT Timah Tbk sebagai aset dan kendaraan wisata di Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

4. Mercedes-Benz OH-1113

Mercedes-Benz OH-1113. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)
Mercedes-Benz OH-1113. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)

Beberapa bus jadul memang punya julukannya masing-masing, seperti yang dimiliki Mercedes-Benz OF-1113. Selama beroprasi bus ini dikenal dengan sebutan bus banteng. Ia adalah bus rakitan massal pertama bersuspensi udara di Indonesia. Bus Neoplan ini punya rangka integral (monocoque) pertama yang dibuat Karoseri Adiputro Wirasejati, Malang, Jawa Timur.

5. Mitsubishi Colt

Mitsubishi Colt T series. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)
Mitsubishi Colt T series. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)

Bus ini memiliki masa jayanya sendiri, terutama yang seri T100 dan T120. Saat itu Mitsubishi Colt sering digunakan sebagai angkotan pedesaan dan perkotaan dengan memodifikasi pintu penumpang di belakang dan bangku memanjang ke samping saling berhadapan.

6. Bemo

Bemo. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)
Bemo. (ANTARA News/Classic N Unique Bus)

Kendaraan ini dulunya sangat populer terutama bagi warga Jakarta. Bemo juga kerap dipakai untuk pembuatan film misalnya di film Warkop DKI di awal tahun 80an berjudul Manusia 6.000.000 Dollar.

Selain menghadirkan angkutan lawas, di acara Indonesia Classic N Unique Bus 2019 juga menampilkan beberapa kendaraan klasik lainnya seperti truk Chevrolet 1927 yang dirakit di Pabrik Perakitan GM di Tanjung Priok, serta bus eks KTT Non Blok 1991.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH