Mengingat 5 Masalah Kesehatan Ini, Masih Tertarik Makan Daging Merah? Berbagai masalah kesehatan yang bisa timbul akibat konsumsi daging merah(Foto: Pixabay/Free-photos)

DAGING merah, mungkin sebagian besar dari kalian menyukai makan steak dengan tingkat kematangan medium. Sebenarnya memakan daging merah itu bisa menyebabkan hal yang tidak kamu inginkan lho, karena dalam beberapa tahun terakhir daging merah bukanlah hal yang terbaik untuk di konsumsi. Daging merah juga dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan. Berikut beberapa fakta tentang daging merah yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Dikaitkan Dengan Kanker Usus Besar

Mengingat 5 Masalah Kesehatan Ini, Masih Tertarik Makan Daging Merah?
Terlalu Banyak Makan Daging Merah Bisa Menyebabkan Kanker (Foto: Pixabay)

Mungkin bagi kamu pecinta daging merah kamu akan kaget mendengar hal ini. Dilansir dari thelist, Dr. Sarah Hull sebagai ahli jantung di Yale Medicine mengatakan "Saya biasanya menyarankan pasien saya untuk menghindari memakan dagingmerah karena terkait dengan sejumlah masalah kesehatan".

Pastinya pernyataan itu membuat kamu takut kan? Menurut penelitian di Oncology Reviews, para peneliti menemukan bahwa daging merah dapat menyebabkan salah satu masalah kesehatan yaitu kanker, khususnya kanker kolorektal (usus).

Mereka menemukan fakta tentang daging merah dapat meningkatkan risiko terkena kanker kolorektal sebesar 20 hingga 30persen. Apakah kamu rela makan steak untuk menghadapi kanker?

2. Penyakit Jantung

Mengingat 5 Masalah Kesehatan Ini, Masih Tertarik Makan Daging Merah?
Daging Merah Juga Bisa Menyebabkan Penyakit Jantung (Foto: MedicalNewsToday)

Bukan hanya kanker yang dapat timbul karena makan daging merah tetapi daging merah juga bisa menimbulkan penyakit jantung, mungkin kamu tidak ingin ini terjadi ke diri kamu.

Karena sebuah studi di Circulation: Heart Failure telah menemukan seorang pria yang berasal dari Swedia yang senang mengkonsumsi daging merah olahan mengalami gagal jantung.

Selain itu Klinik yang berada di Cleveland menyatakan bahwa orang yang sering mengkonsumsi daging merah dapat menyebabkan sterosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

3. Kadar Lemak Jenuh yang Tinggi

Mengingat 5 Masalah Kesehatan Ini, Masih Tertarik Makan Daging Merah?
Karena Terlalu Sering MengkonsumsiDaging Merah (Foto: Pixabay)

Daging merah memang memiliki rasa dan tekstur yang sangat enak. Sayangnya daging merah memiliki lemak jenuh yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan penyakit jantung.

Menurut ahli gizi Rachel Fine karena daging merah memiliki lemak jenuh yang tinggi sebisa mungkin untuk menghindari memakan daging merah yang terlalu banyak, lebih baik mengganti daging sapi dengan daging kalkun atau membeli daging nabati agar lebih aman.

4. Tinggi Kolesterol

Mengingat 5 Masalah Kesehatan Ini, Masih Tertarik Makan Daging Merah?
DagingMerah Dapat Meningkatka Kolesterol (Foto: MedicalNewsToday)

Pastinya kamu mengetahui bahwa dagingmemiliki kolesterol, namun daging merah memiliki kolesterol LDL, atau biasa disebut dengan kolesterol "jahat" yang tinggi di dalam darah kamu dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius.

Karena hal tersebut daging merah bukanlah menjadi pilihan utama untuk makan malam, mungkin kamu dapat mempertimbangkan untuk makan makanan lain selain daging merah.

5. Gagal Ginjal

Mengingat 5 Masalah Kesehatan Ini, Masih Tertarik Makan Daging Merah?
Daging Merah Dikabarkan Dapat Menyebabkan Gagal Ginjal (Foto: Pixabay)

Masih ada berita buruk tentang mengkonsumsi daging merah yaitu gagal ginjal. Pada tahun 1993 dan 1998 telah dilakukan penelitian yang menggunakan sampel orang sebanyak 63.257 yang dimana mereka semua merupakan orang Tionghoa yang rentang usianya 45 sampai 74 tahun.

Kemudian para peneliti kembali lagi selama 15 tahun dan menemukan sebanyak 951 orang mengalami gagal ginjak karena kerap memakan daging merah.

Itulah alasan mengapa kamu perlu berpikir kembali ketika ingin mengkonsumsi daging merah. Jika kamu ingin tetap makan daging mungkin kamu bisa mencari alternatif lainnya seperti ikan dan unggas yang lebih sehat dari daging merah. (ape)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH