Menghitung Umur Anjing Lebih Pasti Penelitian terbaru membuat rumusan penghitungan usia anjing pada lingkup manusia. (Foto: Pixabay/Seaq68)

SEKELOMPOK peneliti dari Univeristy of California menemukan cara penghitungan umur anjing yang lebih pasti berbanding dengan umur manusia. Penghitungan ini berdasarkan dari penghitungan DNA yang ada pada anjing.

Peneliti ini berusaha membandingkan usia anjing pada level usia manusia. Ini yang kemudian membuat Tina Wang dan timnya membuat riset yang sudah dipublikasikan di bioRxiv. Bagi Wang mamalia melewati tahapan yang sama seperti masa kecil, puber, menua dan mati.

Baca Juga:

Biar Dia Enggak Bosan, Ajak Anjing Peliharaan Lakukan 6 Aktivitas Seru Ini

hewan
Berapa usia anjing dalam umur manusia? (Foto: Pexels/Pixabay)

Mereka melihat hanya pada penghitungan umur saja, bukan pada perubahan fisik yang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Dari penelitian pada gen pada setiap jenjang umur dan membandingkan dengan perubahan yang terjadi pada manusia dan anjing. Peneliti ini kemudian menemukan model usia.

Para peneliti itu menemukan penghitungan yang lebih pasti antara umur anjing dan manusia. Mereka memakai logaritma natural kemudian dikalikan 16 dan ditambah 31. Hasilnya adalah usia anjing pada umur manusia. Misalnya usia anjing 3 tahun, maka dalam umur manusia sepandan dengan 48 tahun.

Penghitungannya: logaritma natural dari usia 3 tahun adalah 1,09. Angka itu kemudian kalikan dengan 16 maka mendapatkan angka 17,4 lalu tambahkan angka 31, maka usia anjing dalam umur manusia 48,4 tahun. Untuk mendapatkan angka logaritma natural dapat masuk ke rapidtables. (psr)

Baca Juga:

Cara Anjing Nyatakan Rasa Sayang pada Pemiliknya

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH