Menghibur dan Bikin Nyanyi Bareng, ini Rekomendasi 5 Film Musikal buat Kamu Film-film musikal menampilkan cerita dan lagu yang menghibur. (foto: kolase)

GABUNGAN musik dan jalan cerita membuat film musikal tampil berbeda dari genre lainnya. Musik dan lagu jadi bagian penting dalam setiap adegan film musikal. Beberapa film genre ini pernah sukses di ajang nominasi penghargaan bergengsi dunia lo.

Selain cerita yang seru, aransemen lagu yang ada di dalam film memperkuat cerita, bahkan bikin kamu senang dan mau mendengarkan terus lagunya. Lima film musikal berikut bisa jadi pilihan tonton buat kamu. Dijamin, bakal bikin senang dan nyanyi bareng.

1. The Greatest Showman (2017)

the greatest showman
The Greatest Showman menghadirkan sejumlah lagu yang jadi hits banget. (foto: 21 Century Fox)


Film yang rilis pada 20 Desember 2017 ini menceritakan tentang PT Barnum yang diberhentikan dari perusahaannya yang akan bangkrut. Barnum pun berpikir meminjam uang dari bank untuk membeli sebuah museum dimana museum tersebut memajang berbagai macam patung lilin.

Sayangnya, penjualan tiket museum sangat rendah. Di tengah sepinya pengunjung museum, sang anak pun memberikan ide untuk mempertunjukkan sesuatu yang 'hidup' untuk museumnya. Saat itulah, ia mulai bertemu dengan banyak pemain untuk bisa bergabung dalam pertunjukan sirkusnya.

Namun, banyak kejadian yang terjadi untuk Barnum, seperti hampir cerai, rumah yang disita, hingga sirkusnya dibakar warga setempat. Beruntung dia memiliki sahabat dan teman-teman sirkusnya yang mendukungnya di saat terpuruk sehingga akhirnya dia kembali dari keterpurukan dan bangkit kembali.

Tidak hanya cerita yang menarik, film ini memiliki lagu hits sampai saat ini, salah satu ialah This Is Me.

2. Beauty and the Beast (2017)

beauty and the beast
Kisah putri Disney dalam balutan lagu-lagu klasik. (foto: 4Ye.co.uk)


Film ini adalah live action dari animasi Disney dengan judul yang sama. Film yang rilis pada 17 Maret 2017 ini mengisahkan kehidupan Belle, seorang gadis desa. Ia pergi ke sebuah kastil untuk menyelamatkan ayahnya yang ditahan oleh monster, Beast.

Seiring berjalannya waktu, Belle pun mengetahui Beast ialah pangeran tampan yang dikutuk karena sombong. Tidak hanya sang pangeran yang dikutuk, semua pelayannya juga dikutuk menjadi barang-barang antik di dalam kastil. Selain cerita yang menarik, lagu-lagunya juga bagus lo. Klasik banget.

3. La La Land (2016)

la la land
La La Land menang di banyak ajang penghargaan film. (foto: usatoday)


Film yang rilis 9 November 2016 ini menceritakan barista bernama Mia yang bermimpi menjadi aktris. Ia berjuang mengikuti audisi di Hollywood selama bertahun-tahun. Namun, keberuntungan belum berpihak kepadanya.

Sementara itu, Sebastian ialah musisi jazz yang bermimpi memiliki bar sendiri. Mereka berdia bertemu dan mencoba untuk meraih mimpi dan mencapai kesuksesan di bidang masing-masing. Pada akhirnya, mereka berdua terjebak antara cinta dan karier.

La La Land menang penghargaan dan masuk banyak nominasi. Film ini sukses memenangi Golden Globes dan BAFTA 2017 sebagai film terbaik. Tidak hanya filmnya, pemeran, soundtrack, bahkan sutradara juga menang dan masuk nominasi.

4. Pitch Perfect (2012)

pitch perfect
Lagu-lagu di Pitch Perfect dibawakan secara akapela. (foto: Youtube)

Awal cerita film ini ialah tentang Beca, seorang mahasiswi baru di Universitas Barden. ia bertemu dengan Aubrey dan Chloe, pemimpin dari grup akapela perempuan yang bernama Barden Bellas, atau The Bellas.

Mereka sedang mencari anggota baru. Beca yang tidak berminat dipaksa Aubrey untuk ikut audisi. Setelah adanya pemaksaan, Beca pun ikut bergabung. Grup yang awalnya redup karena ada kesalahan malah kembali bersinar.

Film yang rilis 28 September 2012 ini juga punya sekuel yaitu Pitch Perfect 2 yang rilis pada 2015 dan Pitch Perfect 3 pada 2017. Lagu-lagunya pun tidak kalah bagus. Lagu yang ada dalam film ini dibawakan dalam versi akapela. Semuanya familier di telinga.


5. High School Musical (2006)

high school musical
High School Musical jadi film musikal yang legend banget. (foto: IMDb)


Sejak 2006, film ini udah punya dua sekuelnya pada 2007 dan 2008, dan akan ada lagi tahun 2019. Banyak yang tahu dong tentang film musikal yang legend banget ini. Bahkan di Korea, film ini juga dibuat versi drama musikalnya.

Film ini mengisahkan Troy dan Gabriella, dua siswa SMA yang diam-diam mengikuti audisi untuk drama musikal sekolah mereka. Mereka malah menjadi dekat dan jatuh cinta. Banyak lika-liku yang mereka hadapi.

Film penuh makna ini mengajarkan kamu untuk memilih sesuatu yang memang kamu senangi. Selain itu, dari film ini kamu bisa belajar makna persahabatan, cinta, cita-cita, dan harapan.(sen)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH