Mengharukan, Seekor Anjing Selamatkan Pemiliknya dari Virus Corona Kimi, Anjing pintar yang selamatkan pemiliknya dari virus corona (Foto: Facebook/Kimi0611)

BUKAN lagi hal yang mengejutkan mendengar tentang anjing peliharaan yang menyelamatkan manusia dari bahaya. Mereka melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan orang yang dikenal maupun yang tidak, selama tidak mengancam kehidupannya.

Baru-baru ini tersebar kabar mengharukan dimana seekor anjing berhasil menyelematkan salah seorang warga Taiwan yang hendak melakukan perjalanan ke kota Wuhan, tempat virus corona dimulai dan menyebar pesat. Anjing yang bernama Kimi itu dikabarkan mengoyak paspor milik tuannya hingga rusak dan membuat tuannya tidak bisa berangkat pada tanggal 13 Januari 2020.

Baca juga:

Sedang Mewabah di Tiongkok dan Taiwan, Apa itu Virus Corona?

Hal tersebut awalnya membuat tuannya begitu kesal dan marah melihat kelakuan Kimi. Namun selang beberapa hari terjadi, melihat kabar bahwa Wuhan menjadi kota dengan tingkat waspada tinggi akibat penyebaran virus mematikan itu, pemilik anjing itu merasa bersyukur dan berterima kasih, karena secara tidak langsung peliharaannya tersebut menyelematkan nyawanya.

Melihat kasus tersebut, teringat sebuah film yang diangkat dari kisah nyata berjudul Hachiko, yang hingga saat ini dikenal banyak orang. Dalam cerita tersebut, terdapat kesamaan alur cerita dengan kasus kimi. Diceritakan dimana majikan Hachi hendak berangkat kerja diluar kota, tetapi tiba-tiba Hachi dengan keras melarangnya untuk pergi.

Hachi melakukan berbagai cara untuk mendapatkan perhatian majikannya itu untuk tidak pergi kerja dan tetap dirumah untuk bermain dengannya.Hachi terlihat seperti panik dan memiliki firasat bahaya. Singkat cerita, majikannya tetap pergi dan seketika dia terkena serangan jantung dan meninggal saat melakukan pekerjaannya.

Melihat fenomena di film Hachiko dan kasus Kimi, itu menimbulkan banyak sekali pernyataan bahwa ternyata kejadian di film tersebut bukanlah hanya sekedar 'skenario', melainkan sifat-sifat anjing seperti demikian benar adanya, seperti kasus Kimi. Bagaimana seekor anjing bisa mendeteksi adanya bahaya yang akan menimpa tuannya? Melansir dari beberapa sumber, nih alasannya!

Memiliki Indra yang Tajam

Mengharukan, Seekor Anjing Selamatkan Pemiliknya dari Virus Corona
Anjing Memiliki Penglihatan Tajam (Foto: Pixabay/Pixel2013)

Ilmu pengetahuan telah menjelaskan kemampuan seekor anjing untuk merasakan bahaya, seperti menentukan seberapa akut indra pendengaran dan penglihatan mereka. Meskipun tidak lebih baik dari manusia, indra penglihatan mereka berbeda dengan manusia.

Selain penciuman super mereka, anjing dapat mendengar frekuensi hingga 60 Hz, sementara pendengaran manusia hanya sampai 20 Hz. Kemampuan ini memungkinkan mereka merasakan hal-hal seperti perubahan tekanan barometrik saat tornado terbentuk, dan bencana-bencana lainnya. Ilmuwan telah menemukan bahwa anjing memiliki penglihatan UV, ini berarti mereka bisa jauh lebih baik melihat saat malam hari, ketimbang manusia.

Baca juga:

Tips Agar Kamu Terhindar Virus Corona

Bisa Mendeteksi Kematian

Mengharukan, Seekor Anjing Selamatkan Pemiliknya dari Virus Corona
Indra yang Tajam Mampu Mendeteksi Kematian. (Foto: Pixabay/Seaq68)

Ada tanda-tanda tertentu bahwa anjing bisa merasakan kematian. Mereka dapat merasakan tanda-tanda dengan mengamati orang lain. Biasanya jika mereka tahu seseorang akan meninggal, mereka akan bertingkah yang aneh seperti: merengek, melolong, mondar-mandir, bertindak sangat protektif, tampak sedih, melakukan sesuatu yang berbeda dari biasanya.

Bagaimana itu bisa terjadi? Anjing dapat merasakan bahwa seseorang dalam bahaya, terutama akan meati karena mereka memiliki lebih dari 300 juta indera penciuman dalam hidung mereka dibandingkan dengan enam juta yang ditemukan pada hidung manusia.

Dengan demikian, mereka dapat merasakan seseorang akan mati karena bau mereka. Ini terutama terjadi karena orang sakit atau orang yang akan mati memiliki bau yang berbeda. Kesimpulannya, anjing bisa merasakan bahaya melalui inderanya. Mereka membantu kita untuk merasakan bahaya yang mungkin akan datang dengan penciuman dan pendengarannya yang luar biasa. (Nic)

Baca juga:

Tak Sembarang Masker Bisa Cegah Penularan Virus Corona!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH