Menggunakan Tabir Surya di Bibir Ternyata Sangat Penting untuk Dilakukan Pentingnya tabir surya untuk bibir (foto: pexels/burst)

KALAU biasanya kita menggunakan tabir surya di wajah maupun tubuh, ternyata ada satu bagian tubuh lain yang perlu diberi tabir surya, adalah bibir. Memangnya ada tabir surya atau sunblock untuk bibir? Seperti apa bentuknya? Kenapa kita harus memakai tabir surya pada bibir? Melansir berbagai sumber, berikut penjelasan untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut.

1. Pentingnya tabir surya untuk bibir

Menggunakan Tabir Surya di Bibir Ternyata Sangat Penting untuk Dilakukan
Bibir juga harus diberi tabir surya (foto: pexels/Burst)

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui betapa pentingnya tabir surya untuk bibir. Apalagi menurut Elizabeth Tanzi, seorang profesor dermatologi di Amerika mengatakan bahwa bibir adalah bagian tubuh yang paling sering dilupakan untuk diberikan tabir surya.

Banyak orang yang lupa untuk melindungi bibirnya. Padahal bibir adalah bagian paling penting untuk dilindungi. Bibir memliki kulit yang lebih tipis dan lebih lembut dibandingkan bagian wajah lainnya. Dan bibir juga mendapat terpaan sinar UV yang sama dengan bagian wajah lainnya.

Kemudian banyak orang yang berpikir bahwa tabir surya yang dioleskan di bibir akan hilang karena makan, minum, dan berbicara. Tapi sebenarnya tidak akan hilang secepat itu lo. Jadi jangan lupa untuk terus menggunakannya ya.



2. Tabir surya untuk bibir

Menggunakan Tabir Surya di Bibir Ternyata Sangat Penting untuk Dilakukan
Pilih tabir surya yang memiliki SPF 25 sampai 30 (foto: pexels/Burst)


Apakah kamu bisa mengoleskan tabir surya untuk tubuh ke bibirmu? Tentu tidak. Jangan sembarangan juga untuk menggunakan tabir surya di bibir. Biasanya tabir surya untuk bibir dikemas dengan lip balm. Jadi berguna untuk melembapkan sekaligus memberikan perlindungan dari sinar UV.

Pilihlah lip balm yang mengandung SPF dengan tingkat 25 - 45 agar bisa melindungi bibirmu dengan maksimal.
Pemakaian tabir surya untuk bibir ini juga terbilang mudah.

Kamu hanya perlu mengoleskannya seperti menggunakan lip balm pada umumnya. Kamu tetap harus mengaplikasikannya berulang kali di bibir, terutama sehabis makan dan minum.

3. Akibat jika bibir tidak diberi tabir surya

Menggunakan Tabir Surya di Bibir Ternyata Sangat Penting untuk Dilakukan
Akibat jika bibir tidak diberi tabir surya (foto: pixabay/silviarita)


Mengapa sih penggunaan tabir surya pada bibir ini sangat penting? Kalau kamu tidak menggunakannya akan ada beberapa akibatnya lo.

Pertama bibirmu bisa terkena sunburn atau terbakar matahari, karena bibir memiliki tekstur tipis dan halus maka kemungkinan untuk mengalami kerusakan akibat sinar UV akan lebih besar.

Kedua, mengapa tabir surya penting untuk bibir karena bisa mencegah kanker kulit. Kanker kulit jenis karsinoma sel skuamosa disebabkan karena kulit terlalu sering terpapar sinar matahari.

Ini dia alasan kenapa pemakaian tabir surya di bibir sangat penting. Jangan lupa setelah ini jaga kesehatan bibirmu dengan penggunaan tabir surya ya! (sam)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH