Menggunakan Kartu Kredit saat Berlibur, ini Kelebihan dan Kekurangannya Menggunakan kartu kredit saat bepergian tidak selalu aman dan mudah. (foto: pixabay/flywerk)

BERLIBUR merupakan waktu yang sangat didamba. Pastinya kamu ingin mengajak orang yang kamu cintai atau teman kamu untuk membuat sebuah kenangan yang tak terlupakan. Banyak orang yang mengatakan saat pergi berlibur, cukup membawa uang tunai saja. Untuk itu, kamu harus memiliki uang tunai dalam jumlah yang banyak sehingga cenderung merepotkan kamu.

Alternatifnya, kamu bisa menggunakan kartu kredit. Meskipun demikian, kartu kredit juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan jika digunakan saat berlibur. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan kartu kredit saat berlibur seperti dilansir laman The Travel.

BACA JUGA: Puaskan Hasrat Manismu dengan Kue Nasional dari Negara Asia Ini


1. Mudah digunakan

credit card
Lebih praktis ketimbang membawa banyak uang tunai. (foto: pixabay/ahmad adity)


Saat semua menjadi serbamodern, bahkan untuk pembayaran, jarang ada yang masih mau membawa segepok uang tunai. Akan lebih mudah jika hanya menggunakan sepotong kartu kecil, ditambah lagi kartu itu tidak memakan banyak tempat di dompet kamu. Berbeda dengan uang kertas dan koin. Menggunakan kartu masih menjadi alat utama pembayaran dalam jumlah besar, seperti membayar hotel ataupun membeli tiket pesawat.


2. Asuransi perjalanan

asuransi
Beberapa kartu kredit menyediakan layanan asuransi. (foto: pixabay/rawpixel)

Agar liburan terjamin, kamu tidak boleh melupakan asuransi perjalanan. Apa pun bisa terjadi saat kamu berlibur. Kartu kredit bisa mengasuransikan perjalananmu agar kamu lebih tenang. Namun, tidak semua penyedia kartu kredit memiliki layanan ini, jadi kamu harus mengecek terlebih dahulu kartu kredit mana yang memiliki layanan ini.

3. Aman dari penipuan

credit card
Bikin merasa lebih tenang. (foto: pixabay/bru no)

Ketika berlibur pastinya kamu akan bertemu dengan orang-orang asing, budaya yang berbeda, dan lingkungan beda di sekitar kamu. Saat berlibur, kamu rentan terkena penipuan atau pencurian jika kamu tidak berhati-hati. Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa merasa lebih tenang. Alasannya, jika kartu kamu digunakan orang yang tidak dikenal, kamu dapat membatalkan transaksi tersebut.

4. Tidak bisa digunakan di mana saja

credit card
Hanya bisa digunakan di kota besar. (foto: pixabay/stevepb)


Saat berlibur di kota besar, kartu kredit disa digunakan dengan praktis dan nyaman. Namun, jika kamu pergi ke kota kecil, amat mungkin di sana kamu tidak bisa menggunakan kartu dalam bentuk apa pun. Dengan begitu, kamu harus membawa uang tunai yang sedikit lebih banyak saat pergi ke kota-kota kecil.


5. Hanya menerima bank lokal

credit card
Kurang fleksibel. (foto: pixabay/stocksnap)


Terkadang beberapa toko tidak mau menerima kartu kredit dari lain negara. Itu berarti kamu diharuskan untuk membuat akun baru di setiap negara yang akan kamu kunjungi, atau membayarnya dengan tunai. Namun, kamu harus siap saat bepergian ke mana pun untuk hal-hal yang tidak akan kamu duga sebelumnya.


6. Biaya tersembunyi

credit card
Perhatikan aturan biaya tambahan. (foto: pixabay/digital marketing agency)

Kartu kredit dikenal dengan adanya biaya tersembunyi dalam setiap transaksi. Hal tersebut dapat kamu hindari dengan membaca setiap kata yang tertera pada cetakan pembelanjaan. Biasanya bank sering memberikan biaya sebesar 10% untuk setiap transaksi di luar negeri. Jadi pastikan kamu tidak terkena biaya tambahan ya.(ape)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH