Menggunakan Charger MagSafe, Pengisian Daya iPhone 12 Dua Kali Lebih Cepat Mencharge dua kali lebih cepat dari pada biasanya. (Foto: the verge)

HARI ini (14/10) dini hari tadi waktu Indonesia, Apple memperkenalkan ponsel yang paling ditunggu-tunggu, iPhone 12 Series. Dalam keempatan yang sama Apple juga memperkenalkan charger MagSafe. Charger ini merupakan pengisian daya nirkabel yang penggunaannya dengan menempelkan ke ponsel.

Melansir dari laman The Verge dan Macworld, ponsel terbaru Apple, iPhone 12 dapat mengisi daya baterai dua kali lebih cepat dengan pengisian 15W sejalan dengan standar Qi terbaru. Tentunya dengan menggunakan pengisi daya MagSafe dari Apple atau MagSafe dari pihak ketiga.

Baca Juga:

Mau iPhone? Gampang!

Dengan lingkaran magnet di sekitar koil, pengguna hanya menempelkan ponselnya ke pengisi daya nirkabel MagSafe, seperti menempelkan Apple Watch.

Penyelarasan yang lebih efisien dan komponen internal yang ditingkatkan memungkinkan pengisian daya lebih cepat hingga 15W daripada 7,5W pada iPhone sebelumnya. Walaupun nirkabel, Apple mengklaim bahwa sama saja seperti mengisi daya pada umumnya.

Ini tidak membuat pengisi daya Qi yang ada menjadi tidak berguna. Gawai ini masih mendukung pengisian nirkabel berkemampuan Qi yang ada dengan kecepatan hingga 7,5W, seperti iPhone sebelumnya.

Baca Juga:

Bocoran Lengkap iPhone 12 Kembali Hadir, Pilih yang Mana?

ponsel
iPhone 12 dapat mengisi daya secara wireless. (Foto: macworld)

Yang harus diingat bahwa pengguna yang ingin memanfaatkan pengisian daya nirkabel yang lebih cepat untuk iPhone 12, pengguna harus tetap menggunakan pengisi daya yang disetujui Apple dan bukan dari pihak ketika non-MagSafe.

Satu-satunya pilihan yang tersedia saat ini adalah pengisi daya MagSafe dengan harga USD39 atau sekitar Rp578 ribu yang dapat dibeli melalui laman resmi Apple. Sementara adaptor USB-C 20 W seharga USD19 dollar, sekitar Rp281 ribu.

Untuk pihak ketiga, tampaknya perlu kerja sama dengan Apple. Apple mengatakan bahwa perlu adanya persetujuan, kerja sama dengan program lisensi MFI.

Perlu dicatat bahwa setiap merek pengisi daya nirkabel dapat dipakai pada ponsel iPhone 12. Tetapi kalau ingin mendapatkan pengisian daya dua kali lebih cepat maka hanya charger MFI yang kompatibel. (ray)

Baca Juga:

YouTube 4K Akhirnya Hadir di iPhone, iPad, dan Apple TV



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH