Mengerikan Seks Memicu Cardiac Arrest Pria cenderung lebih berisiko mendapatkan SCA. (Foto: hindustantimes)

MENGERIKAN salah satu dari penyebab terjadinya cardiac arrest adalah kegiatan seksual. Cardiac arrest ini umumnya dialami oleh para pria ketimbang perempuan.

American Heart Association sebagaimana dimuat pada Mirror mengungkapkan bahwa 100 kasus cardiac arrest yang ada salah satunya adalah aktivitas seksual. Kasus itu menimpa pada pria, sedangkan pada perempuan 1:1000.

Cardiac arrest tiba-tiba (sudden cardiac arrest - SCA) adalah kondisi dimana jantung berhenti berdetak biasanya tanpa tanda-tanda apapun. Bila ini tidak mendapat penanganan dokter akan berakibat pada kematian.

Cardiac arrest berbeda dengan serangan jantung (heart attack) atau dalam istilah medis adalah myocardial infarction. Kondisi ini disebabkan oleh aliran darah yang terblokir.

Sudah menjadi rahasia umum bila serangan jantung dapat terjadi karena dipicu oleh aktivitas seksual. Para peneliti pun berusaha mencari tahu apakah SCA juga menimbuilkan efek yang sama.

Para peneliti kemudian menggali data dari Oregon Sudden Unexpected Death Study dari tahun 2002 – 2015 untuk mengetahui SCA dengan aktivitas seksual selama satu jam pada usia 18 ke atas. Seperti dalam laman Mirror, dari riset itu teridentifikasi terjadi 4557 kasus SCA dengan 34 kasusnya terjadi karena aktivitas seksual. Dalam prosentase tidak sampai 1%.

Dari kasus itu diperoleh data kebanyakan penderitanya adalah pria, paruh baya dan memiliki riwayat sakit kardiovaskular. Bahkan umumnya berada dalam pengobatan kardiovaskular. Orang yang pernah mengalami SCA yang terhubung dengan kegiatan seksual biasanya memiliki kadar yang tinggi pada ventricular fibrillation atau tachycardia.

Sayangnya pertolongan pertama dengan CPR hanya pada sepertiga orang yang terkena, demikian disampaikan oleh Sumeet Chugh, MD, dari Cedars-Sinai Heart Institute. Padahal biasanya SCA datang saat orang itu ada temannya. Jadi hanya sekitar 20% pria yang selamat dari SCA.

Saran dari British Heart Foundation bagi orang yang pernah mengalami serangan jantung atau operasi jantung, harus menunggu 4 – 6 minggu untuk melalukan kegiatan seksual. Kuat? (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH