Mengerikan! Gara-gara Hujan, 167 Nyawa Melayang Banjir yang melanda porvinsi Punjab di Pakistan. (dawn.com)

MerahPutih.com - Musim hujan yang melanda Pakistan begitu mengerikan. Betapa tidak, sejak kedatangannya pada Juni lalu, beberapa daerah di Pakistan mengalami banjir bandang dan telah menewaskan 167 orang. Tak hanya itu, 164 orang dikabarkan mengalami luka-luka dan 440 rumah rusak.

Lembaga Penanganan Bencana Nasional Pakistan (NDMA) dalam siaran persnya yang dikutip Xinhua, Rabu (6/9) malam menyebutkan bahwa daerah yang paling parah mengalami bencana karena musim hujan adalah Provinsi Punjab di bagian timur dan Sindh di bagian selatan Pakistan. Jumlahnya 38 korban jiwa di masing-masing provinsi tersebut.

Hujan lebat telah membuat ribuan orang kehilangan tempat tinggal, dan memaksa mereka tinggal di tempat terbuka. Hingga Kamis (7/9) pagi, beberapa tim NDMA dan pemerintah provinsi masih terus melakukan operasi pertolongan dan bantuan di daerah yang terpengaruh.

NDMA menyebutkan, pihaknya telah menyediakan sebanyak 873 tenda, 1.150 tas makanan yang berisi gandum, beras dan bahan makanan lain. Mereka juga telah membagikan 590 selimut dan 1.400 kantung tidur untuk orang yang mengungsi.

Selain itu, NDMA juga sudah mengirim tiga perahu untuk menyelamatkan orang yang terjebak di Karachi, Ibu Kota Provinsi yang dilanda bencana di Sindh.

Hujan pada musim penghujan mengguyur Pakistan setiap tahun pada Juni. Biasanya akan berakhir pada pekan pertama September. Selama masa itu, negeri tersebut menerima hujan lebat, yang mengakibatkan banjir di berbagai daerah. (*/ant)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH