Mengerikan, Dokter Gadungan Ini Infeksi Puluhan Orang dengan HIV Ilustrasi. (Foto: wellnessachiever)

MerahPutih.com - Seorang dokter palsu di India telah menginfeksi sebanyak 33 pasien dengan virus mematikan human immunodeficiency virus (HIV). Dia kini tengah dicari-cari polisi.

Warga menyebut pria itu berumur kira-kira 35 tahun. Dia datang dari desa ke desa untuk menawarkan pengobatan seperti batuk, pilek, demam, dan penyakit ringan lainnya.

Seperti dilansir The Sun, peristiwa menggemparkan itu terjadi di Kota Bangamau, Uttar Pradesh, utara India. Dokter gadungan bernama Rajendra Kumar tersebut telah "mengobati" ratusan orang.

Sebanyak 33 warga positif setelah test dilakukan oleh organisasi penanggulangan HIV dari pemerintah. Para petugas awalnya menemukan beberapa kasus selama pemeriksaan rutin di Bangamamu, tahun lalu.

"Kami menanyakan kepada pasien HIV kemungkinan tahu sumber infeksi dari mana," kata Choundary, kepala medis organisasi itu.

"Ketika kami bertanya kemungkinan pemakaian jarum suntik sercara bersama, beberapa dari mereka menceritakan tentang seorang dokter yang menggunakan jarum suntik itu-itu saja kepada semua pasien."

Kepala polisi setempat Pratap Singh mengatakan, investigasi atas kasus tersebut telah dilakukan terhadap "dokter" yang bernama Rajendra Kumar.

Kumar saat ini tengah dalam pelarian dan polisi masih melakukan pengejaran. Dia dituntut dengan tindakan lalai seperti menginfeksi, menyebabkan luka parah, dan mempraktikkan pengobatan tanpa lisensi sebagai praktisi.

"Para pasien mengatakan kepada kami pria itu berumur kira-kira 35-an tahun dan berkeliling menggunakan sepeda, memberikan obat dan suntikan untuk mengobati demam, batuk, dan penyakit ringan lainnnya. Dia seorang dukun," katanya. (*)

Kredit : zulfikar

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH