Mengenang Sepak Terjang Ratu Bulu Tangkis Indonesia, Minarni Soedarjanto Mengenang sepak terjang Minarni Sodarjanto semasa hidupnya (Foto: Indosport)

GOOGLE doodle, gambar unik yang berubah tematik di mesin pencari google, selalu mengingatkan kita akan sejarah apa yang pernah terjadi di tanggal tertentu. Betapa uniknya google doodle untuk 20 Mei 2019 ini, yang menjadikan sosok wanita pemain bulu tangkis di halaman mesin pencarian utamanya. Lantas siapakah sebenarnya srikandi raket yang dianggap sebagai ratu bulu tangkis Indonesia ini? Yuk kita simak!

1. Minarni Soedarjanto Legenda Bulu Tangkis Indonesia

Mengenang Sepak Terjang Ratu Bulu Tangkis Indonesia, Minarni Soedarjanto
Minarni Soedarjanto terkenal di era 1959 (Foto: Historia)

Google mengingatkan kita akan legenda bulu tangkis Indonesia yang pernah mengukuhkan keterampilannya pada dunia, Minarni Soedarjanto. Jikalau Minarni masih hidup usianya genap 75 tahun tepat 10 Mei 2019 ini.

Mengawali karir bulu tangkis sejak berusia 15 tahun, sepak terjang Minarni tidak bisa dianggap remeh. Ia Berhasil menyabet sederet gelar juara internasional, membuka mata dunia bahwa ada perempuan dari Indonesia yang sanggup melakukannya, dan tentunya berdedikasi penuh untuk kejayaan bulu tangkis di Indonesia.

2. Mulai dari Pemain hingga Pelatih

 Minarni Soedarjanto terkenal di era 1959 (Foto Historia)
Minarni dijuluki Ratu dari segala Ratu untuk bulu tangkis Indonesia (Foto: Historia)

Bukan Susi Susanti, melainkan Minarni Soedarjanto yang dianggap sebagai 'Ratu Bulu Tangkis Indonesia'. Bermain di era 1959 sampai 1975, Minarni berhasil mendapatkan berbagai gelar juara hingga 17 kejuaraan yang ia ukirkan dalam sejarah Indonesia.

Adapun sederet piala yang berhasil ia menangkan diantaranya dari kompetisi All England, Malaysia Terbuka, AS Terbuka, Kanada Terbuka, Asian Games, sampai Piala Uber.

Sekurangnya enam kali Minarni masuk dalam tim Uber Indonesia, masing-masing pada tahun 1960, 1963, 1966, 1969, 1972 dan 1975. Minarni pun berhasil membawa pulang piala Uber ke tanah air pada tahun 1975.

Baca juga:

Siapa Sosok Minarni Soedarjanto, yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Bahkan setelah pensiun sekalipun, Minarni tidak berhenti untuk terus berkontribusi dalam dunia kejuaraan bulu tangkis Indonesia. Beliau menjadi mentor di pelatnas serta aktif dalam PBSI hingga akhir hayat.

3. Tutup Usia karena Radang Paru-Paru dan Lever

Mengenang Sepak Terjang Ratu Bulu Tangkis Indonesia, Minarni Soedarjanto
Minarni berkontribusi untuk bulu tangkis Indonesia hingga akhir hayat (Foto: google)

Setelah berhasil mencatatkan 17 prestasi sebagai pebulutangkis perempuan asal Indonesia. Minarni yang saat itu mengidap penyakit radang paru-paru dan lever, meninggal dunia pada usia 59 tahun di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan.

Jenasah beliau kala itu dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta Selatan, kabarnya masih terawat hingga kini. Begitu besar kontribusi beliau untuk negeri ini, tak heran Google mengangkat kembali namanya sebagai seorang pahlawan, sang ratu bulu tangkis Indonesia. (riq)



Ananda Dimas Prasetya