Mengenang Perpindahan Keraton Kartasura lewat Kirab Budaya

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 18 Februari 2022
Mengenang Perpindahan Keraton Kartasura lewat Kirab Budaya
Pemkot Solo mengadakan Kirab Boyong Kedhaton HUT ke-277 Kota Solo, Kamis (17/2). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Tepat tanggal 17 Februari 2022, Kota Solo berusia 277 Tahun. Peringatan diadakan secara sederhana dengan menggelar kirab boyong kedhaton dan tarian kolosal.

Kirab tarian kolosal tersebut sebagai penggambaran berdirinya Kota Solo yang dimulai dari perpindahan Keraton Kartasura yang rusak parah karena tragedi Geger Pecinan. Paku Buwono (PB) II memutuskan memindahkan lokasi kerajaan ke Desa Sala.

Di Desa Sala itu yang akhirnya menjadi Kota Solo sampai sekarang. Di Kota Solo tersebut, berdiri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Surakarta.

Baca Juga:

Gibran Tanggapi Wacana Pemekaran Daerah Istimewa Surakarta

Sekilas sejarah singkat berdirinya Kota Solo digambarkan dalam kirab boyong kedhaton dan tarian kolosal mengambil rute Jalan Jenderal Sudirman (Jensud) Benteng Vastenburg ke Balai Kota, dengan jarak tempuh 150 km.

Pantauan Merahputih.com, pada barisan pertama rombongan kirab ada pasukan drumband pasukan keraton, abdi dalem keraton perempuan membawa pohon beringin, hewan kuda dan gajah, jenang 17 jenis, dan sejumlah pasukan elite keraton.

Event tersebut dibatasi penonton dan tamu undangan. Acara kirab berakhir pukul 16.40 WIB. Diketahui ini merupakan kirab pertama yang diadakan Pemkot Solo di tengah pandemi, dengan mengangkat tema "Sesarengan Gumregah, Sesarengan Jumangkah".

Baca Juga:

Istri Paku Buwono XII Keraton Kasunanan Surakarta Tutup Usia

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan, sudah beberapa tahun terakhir kirab kirab boyong kedhaton ditiadakan karena COVID-19. Untuk tahun ini, diadakan lagi dengan pembatasan protokol kesehatan ketat.

"Kirab boyong kedhaton ini merupakan peringatan penting bagi Kota Solo. Kegiatan ini diadakan sesingkat mungkin," kata dia.

Ia mengatakan, karena boyong kedhaton ini sejarah penting bagi Kota Solo, sehingga perlu diketahui semua agar semua generasi tahu akan peristiwa ratusan tahun silam tersebut. Acara kirab boyong kedhaton HUT Ke-277 Kota Solo ini berlangsung selama hampir 1 jam. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Alun-Alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta, Tempat Nongkrong Sambil Melihat Kerbau Bule

#Kasunanan Surakarta #Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan