Mengenang Pemilik Gudeg Legendaris di Yogyakarta Gudeg Mabah Lindu (Foto: Instagram/gastronomy.aficionado)

KABAR duka dirasakan oleh semua pecinta Gudeg legendaris di Yogyakarta. Pada Minggu 12 Juli 2020, Mbah Lindu meninggal dunia di umur 100 tahun. Biyem Setyo Utama ialah seorang penjual gudeg legendaris yang masuk ke dalam serial Netflix.

Mbah Lindu telah berjualan sejak umur 13 tahun di mana negara Indonesia belum merdeka. Hal ini yang menjadikan mengapa gudegnya sangat legendaris. Makanan khas Jogja ini dapat kamu beli di jalan Sosrowijayan, Yogyakarta. Harganya berkisar dari 20 ribu sampai 30 ribu rupiah.

Baca juga:

Empat Objek Wisata di Kota Jogja Sudah Beroperasi Kembali, Ini Daftarnya

Melalui serial Street Food yang menceritakan berbagai macam kuliner kaki lima, salah satunya di Yogyakarta, Gudeg Mbah Linda menjadi semakin terkenal. Pada episode tersebut, proses memasak gudeg ini masih tradisional sehingga menarik minat banyak orang. Cerita perjuangannya dalam mempertahankan resep gudeg miliknya juga diangkat dalam episode Street Food Indonesia.

Meskipun banyak penjual gudeg di Yogyakarta, Mbah Lindu mampu bertahan selama lebih dari 80 tahun. Tentunya dengan cita rasa dan di tempat yang sama ketika ia pertama kali berjualan.

Baca juga:

Sambal Sempurnakan Hidangan

Melalui akun youtube resmi milik pakar kuliner Indonesia, William Wongso, memberikan sudut pandangnya kepada Mbah Lindu dah sejarahnya. William Wongso menyatakan kekagumannya terhadap Mbah Lindu yang sudah bertahan sejak lama dan seharusnya menjadi rekor dunia Guinness.

Melihat sejarah dan perjalanan hidup mbah Lindu membuat kita semua merasa kehilangan atas kepergiannya. Melalui makanan kita tidak hanya tersentuh dari cita rasa yang nikmat saja, tetapi juga ikut luluh dalam perasaan sang pembuatnya. Semoga gudeg peninggalan Mbah Lindu terus dikenang dalam sejarah masyarakat Indonesia dan dunia. (Ren)

Baca juga:

Museum Layang-layang, Kepedulian pada Budaya Bangsa


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH