Mengenang Kisah Usmar Ismail, Bapak Film Indonesia yang Wafat Muda Djamaludin Malik (kiri) dan Usmar Ismail (kanan). (Istimewa)

DALAM perkembangan dunia perfilman Indonesia, tentu tak lepas dari peran Usmar Ismail. Sebab, lelaki yang lahir 20 Maret 1921 di Bukittinggi, Sumatera Barat, itu merupakan Bapak Film Nasional. Segudang karyanya membuat Usmar menjadi tokoh yang dikenal, tak hanya di Indonesia tapi juga dunia.

Semasa hidup, tak kurang 33 film layar lebar telah dibuat oleh Usmar. Di antaranya adalah 13 film drama, 9 film komedi atau satire, 7 film aksi, dan musical atau entertainment sebanyak 4 karya.

Rosihan Anwar dalam buku Di Balik Manusia Komunikasi menjelaskan, meski telah banyak menghasilkan karya filmografi, kisah hidup Usmar bisa dibilang tragis, yang kemudian membawanya kepada jurang kematian di usia yang relatif muda.

"Usmar meninggal dunia dalam usia belum genap 50 tahun. Walaupun Usmar tidak pernah membicarakannya dengan saya, namun saya pikir dia telah mengalami kekecewaan berat dan stres akibat joint-production Perfini dengan sebuah perusahaan film Italia membuat film cerita dengan lokasi Bali," kata Rosihan Anwar yang merupakan penggawa Sandiwara Penggemar 'Maya'.

Sebelum wafat pada 2 Januari 1971 lantaran stroke, Usmar, kata Rosihan, sempat mengajak semua bawahannya berfoto di Miraca Sky Club, tempat di mana ia menjadi manajernya.

Sambil memeluk satu per satu kolega dan bawahannya, Usmar mengucapkan selamat tahun baru kepada mereka. Tak disangka, kalimat tersebut ternyata kalimat perpisahan Usmar menjelang ajal tiba.

Dalam catatan Sinematek Indonesia, serentetan apresiasi yang ditujukan kepada sang legenda perfilman. Mulai penghargaan tertinggi di bidang Kebudayaan Widjajakusuma 1962 dari Presiden Sukarno, sampai Warga Teladan 1975 dari Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.

Bahkan Presiden Sukarno menyebut Usmar sebagai sutradara Indonesia yang sesungguhnya. Tak ayal, hingga kini, baik pemerintah maupun pegiat film sepakat menyebutnya sebagai Bapak Perfilman Indonesia. (*)



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH