Mengenang Kedatangan Ratu Elizabeth II ke Indonesia

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 09 September 2022
Mengenang Kedatangan Ratu Elizabeth II ke Indonesia
Ratu Elizabeth II pernah berkunjung ke Indonesia. (Foto: Instagram@queenelizabeth)

RATU Elizabeth II meninggal dunia di usia 96, Kamis (8/9), pukul 16.30 waktu setempat. Selama masa hidupnya, Ratu Elizabeth II telah mengunjungi beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia pada Maret 1974.

Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip, datang ke Indonesia bersama rombongan pada 14 Maret 1974. Pasangan tersebut menaiki kapal pesiar milik kerajaan menuju Jakarta, kemudian dilanjutkan ke Yogyakarta dan Bali. Kedatangan mereka ke Indonesia pun disambut oleh Presiden Soeharto dan istrinya, Siti Hartinah (Tien Soeharto), serta Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.

Sambutan meriah pun dilakukan, salah satunya dengan pawai ondel-ondel. Selama di Jakarta, keduanya juga diajak mengunjungi Kota Tua. Setelah itu, mereka bertolak ke Yogyakarta dan bertemu dengan Sri Sultan Hamengkubuwana IX di Keraton Yogyakarta. Mereka pun disambut dengan meriah dengan ratusan prajurit kraton dilibatkan. Keduanya juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Borobudur, sebelum pergi bertolak ke Bali.

Baca juga:

Ratu Elizabeth II dan Sepak Bola Inggris

Mengenang Kedatangan Ratu Elizabeth II ke Indonesia
Kunjungan kenegaraan Inggris dan Indonesia. (Foto: Buku 50 Tahun Indonesia Merdeka)

Setelah kunjungan tersebut, giliran Presiden Soeharto dan Ibu Negara yang berkunjung ke Istana Buckingham pada 1979. Kedatangan mereka disambut hangat oleh Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Kepergian Ratu Elizabeth II tentu menyisakan banyak duka, tidak hanya warga Inggris tapi seluruh dunia. Kerumunan warga berkumpul di Istana Buckingham pada Kamis (8/9) malam untuk emmberikan penghormatan terakhir kepada Ratu Elizabeth II.

Untuk mengiringi peristirahatan terakhir ratu, lagu God Save Queen dikumandangkan secara spontan oleh warga. Warga Inggris memberikan penghormatan terakhir dan ungkapan rasa berkabung setelah dipimpin Elizabeth selama tujuh dekade.

Baca juga:

Silsilah Keluarga Ratu Elizabeth II dan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris

Mengenang Kedatangan Ratu Elizabeth II ke Indonesia
Ratu Elizabeth II meninggal di usia 96 tahun. (Foto: Instagram@queenelizabeth)

Dua pelangi sempat muncul di luar Istana Buckingham saat ratusan warga berkumpul untuk berkabung atas wafatnya Ratu Elizabeth II. Fenomena ini seolah ingin mencerahkan situasi, namun situasinya berubah menjadi kelam ketika kabar wafatnya Ratu Elizabeth II.

Sebuah pelangi lainnya muncul di langit, tepatnya ketika bendera nasional Inggris dikibarkan setengah tiang di Windsor Castle.

Elizabeth bertakhta selama 70 tahun dan hampir empat bulan, lebih lama dari penugasan monarki lainnya dalam sejarah Inggris. Rekor sebelumnya dipegang oleh Ratu Victoria yang berkuasa selama 63 tahun, tujuh bulan dan dua hari sampai 1901.

Ratu Elizabeth juga telah bepergian ke lebih dari 100 negara sejak 1952, sebuah rekor untuk penguasa Inggris, dan hadir dalam lebih dari 150 kunjungan ke negara persemakmuran. Nenek dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini sudah mengunjungi Kanada 22 kali, lebih sering dibandingkan negara lain. (and)

Baca juga:

Ratu Elizabeth II Wafat

#Ratu Elizabeth #Kerajaan Inggris
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan