Game
Mengenang 5 Game Terbaik Berusia 20 Tahun Lima game kece yang telah rilis sejak 20 tahun lalu. (Foto: Screen Rant)

TAK heran waktu berjalan panjang bila melihat inovasi di dunia game semakin berkembang. Misalnya hadirnya Fitur ray-tracing dengan efek yang konsisten, hingga tekstur dari engine ternama yang mampu memproyeksi game terkini dengan kualitas fotorealistis.

Dilansir dari laman Gamespot, Lima game kece ini ternyata mampu menggemparkan dunia game dengan kualitas yang apik. Usia game ini sudah 20 tahun. Fitur open-world yang diimplementasikan menggunakan PC ataupun konsol old-gen, gameplay yang lebih realistis dibanding tahun 90-an, hingga menghadirkan game dengan fitur multiplayer secara online.

Baca juga:

Laptop Gaming Terbaik dengan Harga Terjangkau

1. Phantasy Star Online

Tanggal Rilis: 30 Januari 2001

Game garapan SEGA ini merupakan salah satu anak emas yang hadir di konsol Sega Dreamcast. Game ini membawa pemainnya bermain secara online bertemu dan bermain dengan orang banyak. Fitur tersebut membuat franchise ini menjadi salah satu pilihan para gamer awal 2000-an, meski pemain dari Indonesia tidak sebanyak pemain luar.

Fitur internet melalui dial-up milik Sega Dreamcast merupakan fitur yang bisa menghubungkan penggunanya ke jaringan luas pada zamannya. Maraknya game Phantasy Star Online juga lama redup di Indonesia, meski sudah ada penggantinya yang akan dirilis di Xbox Series X/S yakni "New Genesis - Phantasy Star Online 2". Tapi untuk game online konsol, game ini sudah merajai di awal 2000-an.

2. Final Fantasy X

Tanggal Rilis: 18 Desember 2001

Franchise ini adalah alasan terbaik bagi para pencinta PlayStation untuk membeli konsol garapan Sony tersebut. Dari sihir ala sci-fi, hingga pertarungan pedang membuat Final Fantasy menjadi game dengan story telling yang padat untuk sebuah game RPG.

Elemen yang diberikan pun juga sekuat cerita pada game Final Fantasy sebelumnya yang dirilis pada konsol PlayStation. Seperti fitur, cutscene, lagu, dan konsep dari karakter membuat game ini tidak dapat dilupakan ketika pemain telah menyelesaikan Final Fantasy X pada zamannya.

Hingga saat ini franchise Final Fantasy masih dikembangkan oleh Square Enix. Final Fantasy XVI sedang digarap oleh developer tersebut untuk dirilis di PlayStation 5.

3. Grand Theft Auto III

Tanggal Rilis: 23 Oktober 2001

Penulis pernah merasakan asyiknya bermain game Grand Theft Auto 2 di PlayStation. Kualitas dua dimensi dengan kamera di atas kepala membuat konsol garapan Sony tersebut mampu memproyeksikan sebuah permainan open world dengan spesifikasi terbatas.

Baca juga:

Wild Rift South East Asia Icon Series 2021 Dimulai Akhir Februari

Grand Theft Auto III merupakan salah satu game dengan kualitas terbaik di PlayStation 2 pada 2001 lalu. Perubahan sudut pandang menjadi third-person, hingga open world yang lebih luas membuat game sebelumnya menjadi terlihat usang setelah beberapa jam memainkannya.

Kebebasan adalah kunci dalam franchise Grand Theft Auto. Pemain bisa dengan bebas melakukan hal apapun dalam game. Oleh karena itu, Rockstar Games tetap menggarap franchise kece ini hingga Grand Theft Auto VI yang sedang digarap dan akan rilis pada dekade ini.

4. Devil May Cry

Tanggal Rilis: 16 Oktober 2001

Devil May Cry merupakan surat cinta bagi pencinta franchise Resident Evil yang ingin keluar dari zona horor. Dipadu dengan pedang dan tembakan membuat si bengis Dante mampu mengacak-acak motif iblis yang ingin menghancurkan dunia.

Pada game ini bukanlah seberapa cepat pemain membunuh musuh, tetapi seberapa kecenya pemain membunuh musuhnya dengan combo dan kemampuan. Permainan dengan mekanik action RPG dari game ini mampu menguji adrenalin dan kelihaian tangan dalam bermain.

Franchise Devil May Cry tetap menjadi anak emas Capcom. Hingga sekarang developer tersebut sudah merilis Devil May Cry 5 Special Edition di PlayStation 5 dan akan tetap menggarap game tersebut bila masih ada yang berminat.

5. Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty

Tanggal Rilis: 14 November 2001

Bila kamu ingin game bergenre stealth dengan fitur terbaik, sekuel dari Metal Gear Solid ini sudah menjadi pilihan utama para gamer awal 2000-an. Mengenang game sebelumnya yang penuh akan easter egg, dan teka-teki yang rumit. Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty ternyata mampu memperluas cerita yang membuahkan banyak judul game dari franchise ini.

Plot dari Raiden pada awal game yang membuahkan game Metal Gear Rising: Revengeance, hingga plot twist membuat game ini memiliki gameplay yang matang untuk sebuah game peperangan di era digital. Menurut penulis, game ini termasuk game terbaik di konsol PlayStation 2 dengan mekanisme AI musuh yang lebih kompleks dan lebih aware dengan gerak-gerik pemain.

Sayang sekali franchise ini berakhir di Metal Gear Solid V: The Phantom Pain dikarenakan hengkangnya si developer Hideo Kojima dari Konami. Sekuel ataupun judul baru dari Metal Gear Solid hingga saat ini masih dalam bayang-bayang. Pihak developer dan Konami pun belum berencana untuk melanjutkannya. (dnz)

Baca juga:

Game Kece Buatan Capcom dan Square Enix ini Tak Bisa Rilis di 2021

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 Sisi Kanan Lumba-Lumba Dominan Seperti Manusia
Fun
Sisi Kanan Lumba-Lumba Dominan Seperti Manusia

Lumba-lumba lebih mudah melakukan gerakan ke kanan.

Cantik dan Memesona, 4 Orang ini Mirip Banget dengan Aktris Hollywood
ShowBiz
Puasa Sering Batal? Coba Lakukan 5 Tips ini
Fun
Puasa Sering Batal? Coba Lakukan 5 Tips ini

Pastikan selalu kamu dalam keadaan fit.

Rayakan Kolaborasi dengan BLACKPINK, Selena Gomez Jualan Es Krim
ShowBiz
Rayakan Kolaborasi dengan BLACKPINK, Selena Gomez Jualan Es Krim

Es krim yang disebut dengan Serendipity ini memiliki rasa baru Cookies & Cream Remix.

Hormati George Floyd, Lego Berhenti Beriklan
Fun
Hormati George Floyd, Lego Berhenti Beriklan

Beberapa pemasaran produkLEGO dihentikan sementara.

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat  Sahur
Fun
Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur

Kopi atau minuman yang mengandung kafein memiliki sifat diuretik, yakni menyebabkan kita lebih banyak buang air.

TONGKRONGAN NEGERI AING
Fun
TONGKRONGAN NEGERI AING

Eits, jangan pernah anggap sepele tongkrongan. Perubahan tidak lahir di tempat formal, melainkan tongkrongan.

  Work From Home Mati Gaya? Yuk Ke JSI Resort
Fun
Work From Home Mati Gaya? Yuk Ke JSI Resort

Work From Hotel di JSI Resort solusi kebosanan kerja di rumah.

Pandemi, Protokol Kesehatan Berlaku di Transportasi Umum
Fun
Pandemi, Protokol Kesehatan Berlaku di Transportasi Umum

Setiap penumpang transportasi umum harus mematuhi protokol kesehatan.

Kreasikan Latte Art di ILAC, Juri: Yang Tremor Bukan Jaminan Tidak Baik
Fun
Kreasikan Latte Art di ILAC, Juri: Yang Tremor Bukan Jaminan Tidak Baik

28 peserta bertarung dengan polanya masing-masing.