BRI ICE 2022

Mengenal Yessylia Violin, Juara IBC 2022

Andrew FrancoisAndrew Francois - Sabtu, 30 Juli 2022
Mengenal Yessylia Violin, Juara IBC 2022
Yessylia Violin juara IBC 2022. (Foto: KamiBijak/Evan Andraws) )

MATA Yessylia Violin masih tampak sembab. Piala berbentuk Tamper berwarna emas nan sedari tadi digendongnya tersebut jadi pangkal tangisnya. Barista nan mewakili Common Grounds tersebut berhasil meraih piala Indonesia Barista Championship (IBC) 2022 pada ajang BRI Indonesia Coffee Events (ICE) 2022, (29/7) di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Saat ditemui Merahputih.com seusai pengumuman penemang IBC 2022, Yessylia masih terlihat tak kuasa membendung air mata kebahagiannya.

"Senang banget. Rasanya campur aduk," kata Yessylia menanggapi kemenangannya sebagai juara IBC 2022. Barista nan malam itu mengenakan kemeja putih lengan pendek dengan paduan celana panjang berbahan linen indigo tersebut sejak awal kompetisi di babak penyisihan sudah mencuri perhatian lantaran penampilannya nan tenang, dan begitu meyakinkan.

Yessylia mampu tampil begitu tenang di panggung IBC 2022, meski disaksikan ratusan penonton di hall A2 JIExpo Kemayoran. Ketenangannya didapat dari segudang pengalamannya di berbagai kompetisi tingkat nasional.

Yessylia kali pertama mengikuti kompetisi tingkat nasional pada 2015. Saat itu ia berpartisipasi di Indonesia Cup Tasters Championship (ICTC) dan keluar sebagai juara dua. Kemudian pada 2017, ia kembali ke lantai kompetisi kopi nasional, turun pada kategori IBC dan berakhir sebagai juara lima.

Baca juga:

Yessylia Violin Menangi IBC 2022

Sudah pernah menjuarai ICTC. (Foto: Instagram/@yessyliaviolin)

Tahun berikutnya, Yessylia masih penasaran mencicipi podium tertinggi IBC, hingga ia memutuskan turun lagi di kategori yang sama pada 2018. Meski belum berhasil keluar sebagai juara pertama, tahun itu Yessylia sukses mengantongi gelar juara tiga IBC.

Tak hanya mengikuti IBC, pada tahun yang sama pula, Yessylia juga mendaftarkan namanya sebagai peserta di kompetisi lain, yakni ICTC. Kali ini ia sukses mencatatkan namanya di podium tertinggi dan berhak berangkat ke Brazil untuk gelaran World Cup Tasters Championship pada tahun yang sama.

Yessylia sudah mencintai kopi sejak kecil. Ia bahkan mengaku lebih menyukai kopi ketimbang hidangan manis lainnya. Namun ia tak pernah menyangka akan mencetak karier di industri kopi. Pada 2015 lalu, Yessylia mencoba mendalami karier di industri kopi dan terus mencintainya hingga kini.

Saat ini ia bekerja sebagai Roastery Manager di Common Grounds Coffee Roastery. Ia mengaku pada dasarnya memang menyukai bekerja di industri kopi atau bidang terkait seperti hospitality. Ia mengatakan masih ingin terus bekerja di industri kopi.

Baca juga:

Naik Kelas di BRI Indonesia Coffee Events 2022

Yessylia menikmati bekerja di industri kopi. (Foto: Instagram/@yessyliaviolin)

"Kalau pun saya tidak bekerja di industri kopi lagi, saya masih akan bekerja di industri hospitality," katanya, seperti diungkap laman World Coffee Events.

Wajar saja Yessylia senang bekerja di industri kopi atau yang terkait. Ia sudah mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, mendalami ilmu Manajemen Layanan Pariwisata dan Perjalanan pada 2012-2016, dan mengambil gelar master untuk program studi yang sama pada 2020-2022.

Delapan minggu lagi, Yessylia akan berangkat ke Melbourne untuk bertanding pada World Barista Championship untuk bertanding melawan barista-barista juara dari seluruh dunia. Saat ini, ia ingin fokus latihan agar siap tampil maksimal di kompetisi level internasional itu. (waf)

Baca juga:

31 Peserta Bersaing Sengit di Indonesia Barista Championship 2022

#Indonesia Coffee Events
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan