Mengenal Virus Cacar Monyet yang sedang Berjangkit di Inggris Tujuh kasus yang dikonfirmasi dan satu kemungkinan kasus telah dilaporkan di Inggris sejak awal Mei. (Foto: 123RF/lculig)

CACAR monyet yang tidak biasa tengah berjangkit di Inggris. Beberapa negara mulai mengkhawatirkan penyebarannya, salah satunya adalah AS. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, wabah itu dapat menyebar ke luar perbatasan Inggris, terutama karena tampaknya ada beberapa penyebaran virus yang tidak terdeteksi.

"Kami memiliki tingkat kekhawatiran bahwa ini sangat berbeda dari apa yang biasanya kami pikirkan tentang cacar monyet," kata pejabat senior CDC Jennifer McQuiston, DVM kepada STAT News pada Selasa (17/5). "Dan saya pikir kami memiliki beberapa kekhawatiran bahwa mungkin ada penyebaran di luar Inggris terkait dengan ini," ujarnya.

Pejabat kesehatan AS sedang memantau enam orang Amerika untuk kemungkinan infeksi cacar monyet setelah mereka berbagi penerbangan dengan seorang pasien Inggris yang dites positif virus tersebut. Mereka duduk dalam radius tiga baris dari pasien dalam penerbangan dari Nigeria ke Inggris pada 4 Mei 2022. Pasien AS menurut McQuiston, kemungkinan tidak memiliki virus tetapi akan dipantau selama 21 hari.

Tujuh kasus yang dikonfirmasi dan satu kemungkinan kasus telah dilaporkan di Inggris sejak awal Mei 2022. Jumlah tersebut tergolong tidak biasa dan dianggap sebagai jumlah yang besar karena kasus cacar monyet pada manusia jarang terjadi, terutama di luar Afrika Barat dan Tengah.

Baca juga:

Cuaca Panas Sebabkan Lonjakan DBD dan Virus Baru West Nile

Penelusuran penularan

Mengenal Virus Cacar Monyet yang sedang Berjangkit di Inggris
Otoritas kesehatan Inggris masih belum yakin bagaimana pasien tertular virus cacar monyet. (Foto: 123RF/molekuul)

Pasien Inggris pertama baru-baru ini melakukan perjalanan ke Nigeria, di mana cacar monyet merupakan penyakit endemik di sana, tetapi yang lain tampaknya mendapatkan virus di Inggris, Tak satu pun dari orang yang terinfeksi di dalam negeri yang mengetahui hubungan dengan pelancong, dan waktunya menunjukkan bahwa pelancong itu bukan sumber kasus lain.

Kasus-kasus domestik juga muncul di antara dua kelompok yang tidak memiliki hubungan satu sama lain. Dua dari kasus yang dikonfirmasi dan kasus probable adalah bagian dari unit keluarga, dan empat kasus yang dikonfirmasi lain terjadi di antara orang-orang yang gay, biseksual, atau pria lain yang berhubungan seks dengan pria. Di antara mereka, tiga berasal dari London dan yang keempat dari Newcastle, meskipun keempatnya kemungkinan terinfeksi di London.

Otoritas kesehatan Inggris masih belum yakin bagaimana pasien tertular virus cacar monyet. Penularan biasanya terjadi melalui droplet, meskipun kontak langsung dengan lesi atau cairan tubuh juga dapat menyebabkan penularan.

Dengan dua klaster yang tidak terhubung, lebih dari satu rantai penularan mungkin beredar di Inggris, berarti bahwa mungkin ada kasus lain yang belum terdeteksi. Itu juga bisa berarti bahwa virus telah menyebar ke tempat lain, bergerak ke luar Inggris.

Baca juga:

Mengenal Virus Marburg yang Mirip Ebola

Mirip dengan cacar

Mengenal Virus Cacar Monyet yang sedang Berjangkit di Inggris
Cacar monyet memiliki gejala yang mirip dengan cacar, yang dinyatakan telah diberantas pada tahun 1980. (Foto: 123RF/kay4yk)

Kasus cacar monyet manusia di luar Afrika jarang terjadi, meskipun beberapa kasus telah muncul di bagian lain dunia dalam beberapa tahun terakhir. Dua muncul di AS pada tahun 2021, keduanya terkait dengan perjalanan dari Nigeria, menurut CDC.

Cacar monyet memiliki gejala yang mirip dengan cacar, yang dinyatakan telah diberantas pada tahun 1980, tetapi biasanya lebih ringan. Orang sering mengalami gejala seperti flu dan ruam, terutama pada telapak tangan.

Tidak ada obat atau vaksin khusus untuk kasus cacar monyet, meskipun vaksin cacar telah digunakan di masa lalu untuk beberapa wabah. Selama wabah tahun 2003 di AS, 47 orang di enam negara bagian terkena virus karena hewan eksotis yang diimpor, terutama anjing padang rumput peliharaan, menurut CDC.

Di Inggris, otoritas kesehatan masyarakat telah memperingatkan klinik kesehatan seksual untuk mencari tanda-tanda ruam yang khas, karena kasus telah muncul di antara orang-orang yang gay, biseksual, atau pria lain yang berhubungan seks dengan pria. Di AS, CDC sedang berpikir untuk mengirimkan peringatan kesehatan kepada profesional medis dan klinik infeksi menular seksual juga.

“Ada banyak perjalanan antara Inggris dan Amerika Serikat dan wilayah global lainnya. Jadi saya pikir kekhawatiran kami adalah mengingat kamu memiliki empat kasus di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, bahwa kami mungkin perlu memikirkan untuk mengirim pesan ke klinik IMS kami … tentang apa yang harus diwaspadai, apa yang harus diwaspadai,” demikian McQuiston. (aru)

Baca juga:

Pakar Virus Jelaskan Cara Bedakan Pilek dan Omicron

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Waspada Situs Palsu Menyerupai PeduliLindungi
Fun
Waspada Situs Palsu Menyerupai PeduliLindungi

Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi.

Persis Solo Juara Indonesian Football e-League Liga 2
Fun
Persis Solo Juara Indonesian Football e-League Liga 2

Melawan Eky Ramadhan dari Kalteng Putra.

Dating Burnout, Kondisi Jenuh dalam Menjalin Suatu Hubungan
Fun
Dating Burnout, Kondisi Jenuh dalam Menjalin Suatu Hubungan

Bosan Menjalin Hubungan? Mungkin Kamu Sedang 'Dating Burnout'.

3 Lagu Tulus Ajak Manusia Mendamaikan Diri
Hiburan & Gaya Hidup
3 Lagu Tulus Ajak Manusia Mendamaikan Diri

Album Manusia menjadi album kelima Tulus.

Orangtua Jangan Terlalu Permisif, Bahaya!
Fun
Orangtua Jangan Terlalu Permisif, Bahaya!

Orangtua tipe ini tampak penuh perhatian dan hangat.

SCAI Gelar Pemilihan Top 10 Cup of Excellence 2021
Fun
SCAI Gelar Pemilihan Top 10 Cup of Excellence 2021

Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) menggelar pemilihan Top 10 Cup of Excellence (COE) 2021

Menilik Gaya Vintage Olivia Rodrigo saat Berkunjung ke Gedung Putih
Fashion
Menilik Gaya Vintage Olivia Rodrigo saat Berkunjung ke Gedung Putih

Presiden AS Joe Biden mengundang Olivia Rodrigo ke Gedung Putih.

Wifi Down, Akses Internet Negeri Aing Tertutup
Fun
Wifi Down, Akses Internet Negeri Aing Tertutup

Wifi sebagai akses internet, jika rusak maka seolah dunia menutup pintunya.

Ini Latar Cerita Serial Adaptasi 'Horizon'
Fun
Ini Latar Cerita Serial Adaptasi 'Horizon'

Detail cerita dan garis waktu baru dari serial adaptasi game Horizon besutan Sony Picture telah dibocorkan.

Jungkook BTS Rayakan Ulang Tahun bersama ARMY
ShowBiz
Jungkook BTS Rayakan Ulang Tahun bersama ARMY

Bersama lebih dari 20 juta ARMY dari seluruh dunia.