Mengenal TKB90 pada Pinjaman Online yang Kian Menyusut

P Suryo RP Suryo R - Minggu, 18 Desember 2022
Mengenal TKB90 pada Pinjaman Online yang Kian Menyusut
Pinjaman online memberikan berbagai kemudahan namun tetap harus memahami seluk-beluknya. (Unsplash/Mathieu Stern)

MENGGALI informasi dengan seksama sebelum mengajukan pinjaman online merupakan hal pertama yang wajib kamu lakukan. Salah satu website yang dapat kamu jadikan acuan dalam dunia fintech adalah Pentarukkp.id.

Salah satu istilah yang wajib kamu pahami sebelum mengajukan pinjaman online adalah istilah TKB90. Lantas, apa arti dari istilah tersebut? Berikut penjelasan singkatnya.

Baca Juga:

Kegiatan Daring yang Bisa Bikin Recharge Uang Jajan

uang
Ada istilah yang harus kamu pahami jika mengajukan pinjaman online. (Unsplash/Mufid Majnun)

Memahami Fintech P2P Lending


Sebelum memahami pengertian TKB90, ada baiknya kamu memahami dulu apa arti dari Fintech P2P Lending yang sangat berkaitan dengan istilah TKB90.

Menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.77/POJK.01/2016 yang dilansir dari SikapiUangmu.ojk.go.id, Fintech P2P lending merupakan layanan pinjaman dana dalam mata uang Rupiah yang dilakukan secara langsung di antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman dengan proses yang berbasis teknologi informasi.

Tak hanya disebut sebagai Fintech P2P lending, istilah ini juga memiliki nama lain, yakni fintech lending, atau peer-to-peer lending.

Memahami TKW90


Selain istilah Fintech P2P Lending hal yang tak kalah penting dipahami sebelum memahami TKB90 adalah TKW90.

TKW90 adalah tingkat kelalaian, sikap mangkir, atau wanprestasi dalam proses penyelesaian kewajiban dalam janga waktu di atas 90 hari sejak terjadi jatuh tempo.

Jumlah TKW90 bisa kamu dapatkan dengan menghitung tingkat outstanding wanprestasi di atas 90 hari yang dibagi dengan total outstanding, lalu dikali 100%. Berikut adalah rumus singkatnya:

TKW90 = (nilai outstanding wanprestasi > 90 hari / nilai total outstanding) x 100%.

Baca Juga:

Akhir Tahun Banyak Pengeluaran, Ini Tips Recharge Finansial Kamu

duit
Sebelum melakukan peminjaman onlien kamu harus cermati dahulu lembaga keuangannya. (Pexels/Ahsanjaya)

Mengenal TKB90


Dilansir dari Atmnews.id, TKB90 merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada tingkat keberhasilan penyelenggara P2P Lending dalam memberikan fasilitas penyelesaian kewajiban peminjaman dana dalam kurun waktu selama 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Jumlah TKB90 dapat dihasilkan dengan menghitung 100% dikurangi jumlah TKW 90. Jika dituliskan dalam rumus, maka akan berbentuk begini: TKB90 = 100%-TKW90.

Kewajiban Perusahaan Fintech menunjuukan TKB90


OJK mewajibkan seluruh perusahaan fintech P2P lending untuk memaparkan TKB90 secara umum.

Hal ini dilakukan demi membantu para calon peminjam dana untuk mengetahui risiko-risiko apa yang dimiliki ketika melakukan pinjaman pada setiap perusahaan fintech P2P lending yang resmi dan telah disetujui OJK.

Jadi, bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman pada sebuah perusahaan fintech P2P lending, namun perusahaan tersebut tak secara terbuka menunjukkan tingkat TKB90-nya, maka Anda wajib curiga atas keamanan dan keresmian perusahaan tersebut.

Cermat


Setelah kamu memahami istilah-istilah di atas beserta penjelasannya, maka kamu bisa lebih bijaksana dan waspada dalam melakukan pengajuan pinjaman secara online yang kini semakin mudah dilakukan.

Walaupun proses pengajuannya mudah, dan terkadang hanya membutuhkan KTP saja. Namun sebaiknya lebih cermat dengan memastikan berbagai macam hal terlebih dahulu. Salah satunya adalah memeriksa apakah penyedia pinjaman online tersebut telah terdaftar di OJK atau belum, dan apakah pihak penyedia pinjaman terbuka dalam memaparkan tingkat TKB90-nya atau tidak.

Pastikan juga kamu sudah mempertimbangkan jumlah angsuran setiap bulan beserta jumlah bunga yang akan ditanggung. Akhir kata, semoga pengajuan pinjaman dana kamu berhasil, dan selalu sehat finansial! (adv)

Baca Juga:

Begini Cara Isi Daya Kantung Dompetmu Biar Bisa Rayain Tahun Baru

#Finansial #Advertorial
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan